Beda dengan Joe Biden, Obama Malah Tak Suka dengan PM Israel Netanyahu, Sebut Ia Pembohong

Barack Obama dan Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • NPR

VIVA Dunia – Seluruh dunia tahu bahwa di belakang serangan Israel ke Hamas, berdiri Amerika Serikat, khususnya sang presiden, Joe Biden yang selalu mendukung.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Dari awal pecahnya perang pada 7 Oktober, Joe Biden sangat vokal mengutuk Hamas dan kerap menyuplai senjata dan uang miliaran dolar untuk Israel. Joe Biden dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu juga sangat sering melakukan percakapan melalui telepon dan Joe Biden bahkan sempat melakukan kunjungan ke Israel.

Presiden AS Joe Biden memang menyebut akan selalu mendukung Israel, meski banyak pemimpin global yang mengutuk 'negara' Yahudi tersebut.

Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

VIVA Militer: Joe Biden dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Politico

Berbeda dengan Joe Biden, mantan presiden AS ke-44 , Barack Hussein Obama kerap dikabarkan tidak terlalu suka dan tidak akrab dengan PM Israel tersebut.

Ribuan Warga Israel Unjuk Rasa di Ibu Kota, Minta Netanyahu Bebaskan Sandera

Begini awalnya:

Hubungan dingin antara Benjamin Netanyahu dan Barack Obama dimulai, di mulai pada tahun 2007. 

Pertemuan pertama Bibi (sebutan akrab Netanyahu) dan Barack sebenarnya berlangsung ramah dan penuh hormat di AS, menurut mereka yang hadir pada saat itu, menurut laporan TIME

Obama kembali ke Washington dari jalur kampanye utama. Netanyahu kembali ke Israel di mana dia menjadi pemimpin oposisi di Knesset. 

Keduanya tahu bahwa mereka mungkin akan segera berkuasa, dan keduanya menyadari bahwa mereka harus berupaya untuk mendamaikan perbedaan mereka. 

Namun, 'masalah' pertama, adalah bahwa mereka berasal dari latar belakang yang sangat berbeda. 

Seperti yang ditulis TIME pada tahun 2010, ayah Netanyahu, Benzion, adalah salah satu pemimpin intelektual dari apa yang dikenal sebagai Zionisme revisionis, sementara kakak laki-lakinya menjadi pahlawan nasional setelah memimpin, dan meninggal dalam serangan di Entebbe pada tahun 1976. 

Obama sendiri adalah seorang pemeluk agama Kristen dari seorang ayah ateis yang dibesarkan sebagai seorang Muslim. Obama memang menghabiskan masa kecilnya di sebuah rumah di Jakarta yang tidak memiliki lemari es dan tidak ada toilet, dan di lengannya masih ada bekas luka akibat luka sayatan di lapangan yang dijahit secara asal-asalan di sebuah rumah sakit di Jakarta. 

Barack Obama dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • ABC NEWS

Namun tantangan sebenarnya yang dihadapi keduanya adalah perbedaan kebijakan di Timur Tengah. 

Obama mulai menjabat untuk menjangkau Iran dan mendorong perdamaian Israel-Palestina. Netanyahu menentang peningkatan hubungan dengan teokrat militan anti-Israel di Teheran dan menolak pertemuan awal dengan Obama secara terbuka untuk menerima kemungkinan pembentukan negara Palestina.

Dari situ, hubungan keduanya semakin dingin dan tak pernah terlalu akrab. 

Namun yang paling menghebohkan adalah di tahun 2011, sebelum Obama menjabat sebagai presiden AS untuk kedua kalinya.

Jurnalis yang meliput KTT ekonomi pada 2011 silam "tak sengaja" mendengar Presiden Prancis sebelumnya, yaitu Nicolas Sarkozy mengecam Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyebutnya sebagai “pembohong” saat berbicara dengan Presiden AS Barack Obama, menurut laporan yang diterbitkan. 

Percakapan pribadi tersebut secara tidak sengaja dilakukan melalui mikrofon terbuka sebelum konferensi pers Obama-Sarkozy di sela-sela KTT ekonomi G20 di resor Cannes, Prancis. 

Isinya pertama kali dilaporkan oleh situs Prancis Arret Sur Images, yang mengatakan wartawan mendengar komentar Sarkozy dalam bahasa Prancis dan jawaban Obama melalui penerjemah. “Saya tidak tahan dengannya. Dia pembohong,” kata Sarkozy tentang Netanyahu, menurut situs web tersebut. Obama pun menjawab, “Anda bosan dengannya; bagaimana dengan saya? Saya harus menghadapinya setiap hari,” lapor situs tersebut. 

Arret Sur Images (yang berarti Freeze Frame) mengatakan para jurnalis telah mendengarkan percakapan tersebut namun setuju untuk tidak melaporkannya. Kantor berita Reuters dan Associated Press mengkonfirmasi laporan itu pada pekan depannya, setelah KTT selesai. 

“Kami tidak merekamnya, dan menggunakannya akan memaksa kami untuk mengakui bahwa kami telah berbuat curang,” Arret Sur Images mengutip salah satu wartawan yang mendengar percakapan tersebut, yang tidak disebutkan namanya. 

"Selain itu, hal ini akan menimbulkan masalah besar bagi orang-orang yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan acara tersebut.” 

Dan Israel, penulis Arret Sur Images yang menyampaikan berita tersebut, mengatakan bahwa sekitar tiga menit percakapan pribadi para pemimpin dapat didengar dengan jelas. “Itu adalah kesalahan organisasi KTT G-20,” kata pihak Israel. 

Barack Obama dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • NPR

Dia mengatakan para jurnalis sepakat di antara mereka sendiri untuk menganggap pernyataan tersebut tidak direkam karena mereka tidak ingin staf KTT berada dalam “masa sulit” setelah dia mengungkapkan bahwa audionya dapat didengar. 

Namun berita tersebut menyebar dengan cepat di kalangan jurnalis di Paris, mendorong Arret Sur Images untuk mulai memburu laporan tersebut, katanya. “Beberapa dari mereka memberi saya kutipan tersebut, dan yang lainnya hanya mengkonfirmasi kutipan tersebut,” kata Israel. 

Laporan tersebut ditanggapi dengan diam oleh Istana Elysee, kantor kepresidenan Prancis, yang tidak menanggapi permintaan komentar begitu juga dengan Obama White House.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya