25 Negara ‘Buru-buru’ Pulangkan Warganya dari Israel, Termasuk AS

bendera israel
Sumber :
  • AP

VIVA Dunia – Pemerintah negara di seluruh dunia telah mengatur penerbangan penyelamatan dan antisipasi dari Tel Aviv sebagai reaksi terhadap perang Israel-Gaza yang saat ini terus terjadi dan semakin panas.

Pemerintah Sepakat Pembahasan RUU MK Dibawa ke Rapat Paripurna

Nah, berikut ini adalah daftar pemerintah yang telah mengatur penerbangan khusus untuk membantu warganya meninggalkan Israel pada minggu ini dan pekan depan yang dilansir dari Al Jazeera, Jumat, 3 November 2023.

1. Australia

UEA Tidak Akan Berikan Perlindungan Bagi Israel Usai Perang di Gaza Berakhir

Ilustrasi Pesawat

Photo :
  • unsplash.com

Australia telah mengatur dua penerbangan pada hari Jumat dan Minggu untuk membawa pulang warganya dari Israel, Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan pada hari Rabu.

Surat Kabar Bild Digugat Setelah Tuduh Dosen-dosen di Jerman Sebarkan Anti-Semit

2. Austria

Austria mengatakan bahwa pasukannya mulai mengevakuasi warga Austria dari Israel pada hari Rabu. Sebuah pesawat angkut dengan kapasitas sekitar 60 penumpang lepas landas dari pangkalan udara Horsching di Austria Hulu menuju Siprus. Dari sana, warga Austria akan dijemput dari Israel.

3. Brasil

Penerbangan repatriasi ketiga yang membawa 69 warga Brasil meninggalkan Israel pada Kamis malam setelah penerbangan yang membawa 212 dan 211 penumpang pada hari Rabu dan sebelumnya pada hari Kamis, kata kedutaan besar Brasil di Tel Aviv. Dua penerbangan lagi direncanakan sampai hari Minggu.

4. Kanada

Air Canada akan mengoperasikan dua penerbangan khusus pada hari Jumat dan Sabtu dari Athena untuk membawa warga Kanada dan penduduk tetap pulang dari Israel. Sekitar 1.000 warga Kanada di Israel ingin pergi, kata Pusat Urusan Israel dan Yahudi pada hari Selasa.

5. Chili

Sebanyak 209 warga Chili telah dievakuasi ke Athena dan Madrid dari Israel dengan tiga penerbangan Boeing 737, demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Chili melalui media sosial pada hari Kamis.

6. Kolombia

Ilustrasi pesawat terbang.

Photo :
  • Pixabay

Sebuah penerbangan awal dengan 110 warga Kolombia di dalamnya mendarat di pangkalan udara Komando Udara Angkutan Militer di pinggiran Bogota pada hari Jumat, kata Kementerian Luar Negeri di media sosial.

7. Siprus

Sebuah komite kementerian Siprus pada hari Selasa mengaktifkan skema repatriasi yang dikenal sebagai Estia, yang menawarkan akomodasi sementara dan bantuan kepada warga negara Uni Eropa dan negara-negara berkembang yang melarikan diri dari daerah krisis.

Para pejabat penerbangan mengatakan 11 penerbangan tambahan dari dan ke Israel telah diatur pada hari Senin. Ini termasuk pemulangan yang dijadwalkan sekitar 150 peziarah Siprus dari Israel pada hari Senin.

8. Republik Ceko

Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky membawa 34 warga negara Ceko kembali dari Israel dengan menggunakan pesawat pemerintah setelah ia singgah di negara itu saat kembali dari sebuah konferensi di Oman.

Menteri, yang merupakan pejabat asing pertama yang mengunjungi Israel sejak serangan itu, kata pemerintah Ceko, tidak menutup kemungkinan untuk mengirim penerbangan repatriasi lainnya ke Israel. Lipavsky tiba di Israel pada hari Selasa dan mendarat di Praha pada hari Rabu.

9. Denmark

Pemerintah Denmark menyediakan sebuah pesawat kargo Hercules C-130, yang dapat mengangkut sekitar 120 penumpang, untuk mengevakuasi warganya, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Denmark. Kementerian tersebut mengatakan bahwa penerbangan tersebut tidak akan beroperasi sebelum hari Jumat.

10. Finlandia

Ilustrasi Pesawat

Photo :
  • unsplash.com

Penerbangan evakuasi pertama warga Finlandia dari Israel dibatalkan karena masalah teknis, Jussi Tanner, direktur jend1eral layanan konsuler di Kementerian Luar Negeri, mengatakan di media sosial. Tanner menambahkan bahwa penerbangan gabungan Swedia dan Finlandia, yang dijadwalkan pada hari Jumat, dan penerbangan evakuasi kedua Finlandia masih sesuai jadwal.

11. Prancis

Prancis akan menyelenggarakan penerbangan repatriasi tambahan dari Tel Aviv pada hari Jumat dan Sabtu setelah penerbangan khusus Air France pada hari Kamis.

12. Jerman

Maskapai penerbangan Jerman, Condor, merencanakan dua penerbangan pada hari Minggu dengan kapasitas total kurang dari 500 penumpang untuk mengevakuasi warga negara Jerman dari kota Aqaba, Yordania, dekat perbatasan Israel, berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Jerman.

Lima ribu warga Jerman telah mendaftar untuk meninggalkan Israel, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri pada hari Rabu, dan menambahkan bahwa kementerian tersebut tidak dapat mengatakan berapa banyak yang telah pergi sejauh ini.

13. Islandia

Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan sebuah pesawat yang membawa 126 warga Islandia, lima warga Faroe, empat warga Norwegia dan 12 warga Jerman, serta kru pesawat dan perwakilan dari kementerian, telah berangkat ke Keflavik di Islandia.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan penerbangan itu disewa dan dibayar oleh negara Islandia.

14. Italia

Italia mengatur tujuh penerbangan pada hari Selasa dan Rabu sebagai bagian dari upaya untuk memulangkan sekitar 900 warga negara Italia dari Israel, kata Kementerian Luar Negeri Italia.

15. Meksiko

Penerbangan terakhir yang membawa pulang warga Meksiko dari Israel mendarat pada hari Kamis. Tentara Meksiko melakukan penerbangan kemanusiaan yang bertujuan untuk membawa pulang warga negaranya, kata pemerintah pada hari Senin nati. 

Sekitar 5.000 warga negara Meksiko berada di Israel dan sekitar 300 orang telah meminta untuk pergi, kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

16. Belanda

Ilustrasi pesawat terbang.

Photo :
  • Pixabay

Belanda akan melanjutkan penerbangan repatriasi untuk membawa pulang warganya dari Israel selama diperlukan, kantor berita Belanda ANP melaporkan, mengutip pemerintah.

Kementerian Luar Negeri Belanda mengirim sebuah pesawat militer ke Israel pada hari Kamis setelah maskapai penerbangan KLM mengatakan bahwa mereka telah menarik tawaran kepada pemerintah Belanda untuk melakukan penerbangan, dengan alasan keamanan.

17. Norwegia

Norwegian Air membatalkan penerbangan evakuasi yang direncanakan dari Tel Aviv ke Oslo pada hari Kamis karena kurangnya perlindungan asuransi, kata maskapai tersebut.

18. Polandia

Polandia akan mengirimkan pesawat militer untuk mengevakuasi warganya dari Israel, Presiden Andrzej Duda mengatakan pada hari Minggu. Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak mengatakan Polandia mengirimkan dua pesawat Hercules C-130 untuk mengevakuasi sekitar 200 warga Polandia dari Bandara Ben Gurion.

19. Portugal

Kedatangan pesawat militer Portugal pada hari Kamis di Lisabon yang membawa 22 orang - delapan warga negara Portugal dan 14 warga negara asing - mengakhiri misi negara tersebut untuk memulangkan warga negara yang ingin meninggalkan Israel, kata Kementerian Luar Negeri.

20. Korea Selatan

Sebuah pesawat Korean Air yang membawa 192 warga Korea Selatan dari Tel Aviv tiba di bandara Incheon, di luar ibukota Seoul, pada hari Rabu.

21. Spanyol

Spanyol telah mengirimkan dua pesawat militer ke Israel untuk mengevakuasi sekitar 500 warga Spanyol, demikian ungkap penjabat Menteri Pertahanan Margarita Robles pada hari Selasa.

Sebuah pesawat Airbus A330 yang membawa lebih dari 200 warga Spanyol, warga negara Uni Eropa dan warga negara dari negara lain yang tinggal di Spanyol mendarat pada hari Rabu di pangkalan militer Torrejon de Ardoz di pinggiran kota Madrid.

22. Swiss

Warga negara Swiss diterbangkan dari Israel ke Zurich pada hari Selasa dengan penerbangan yang dioperasikan oleh Swiss International Air Lines.

23. Thailand

Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan di media sosial pada hari Senin bahwa evakuasi akan segera dimulai. Pada hari Kamis, 15 warga Thailand tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok dari Tel Aviv.

24. Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, mengatakan di Facebook bahwa lebih dari 1.000 warga negara Ukraina telah meminta bantuan untuk meninggalkan Israel, dan menambahkan bahwa penerbangan evakuasi pertama akan diselenggarakan ke Rumania pada hari Sabtu.

Nikolenko juga mengatakan bahwa sekitar 200 warga Ukraina telah meminta untuk dievakuasi dari Jalur Gaza, namun hal itu terlalu berbahaya untuk dilakukan saat ini.

25. Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri AS akan menawarkan penerbangan charter untuk membantu warga Amerika meninggalkan Israel mulai hari Jumat, kata Gedung Putih setelah melakukan pembicaraan ekstensif dengan maskapai-maskapai penerbangan AS dan tekanan dari Kongres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya