Gempa Bumi Nepal Berkekuatan 5,7 SR Tewaskan 128 Orang

Warga Nepal mengungsi karena gempa bumi berkekuatan 5,6 skala Richter.
Sumber :
  • United States Geological Survey.

Nepal – Sedikitnya 128 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di Nepal, pada Jumat 3 November 2023, ketika gempa bumi kuat melanda wilayah barat Jajarkot. Saksi mata mengatakan rumah-rumah di daerah itu runtuh dan mengguncang bangunan hingga New Delhi, India.

Gempa Vulkanik Gunung Ruang Fluktuatif Cenderung Menurun, Menurut Balai Pemantauan

Melansir Channel News Asia, Pusat Seismologi Nasional Nepal mengatakan gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR), namun Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) kemudian menurunkan skalanya menjadi 5,7 SR. Survei Geologi Amerika Serikat menetapkan gempa berkekuatan 5,6 skala Richter.

Gempa tersebut merupakan yang paling mematikan sejak tahun 2015 ketika sekitar 9.000 orang tewas dalam dua gempa bumi di negara Himalaya tersebut. Seluruh kota, kuil berusia berabad-abad, dan situs bersejarah lainnya hancur menjadi puing-puing, dan lebih dari satu juta rumah hancur, dengan kerugian ekonomi sebesar US$6 miliar.

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Pixabay

Para pejabat khawatir jumlah korban tewas dalam gempa hari Jumat ini akan bertambah, karena mereka tidak dapat melakukan kontak di daerah perbukitan dekat pusat gempa. Titik gempa sekitar 500 km sebelah barat ibu kota Kathmandu, yang juga merasakan getaran. Distrik ini berpenduduk 190.000 jiwa dengan desa-desa yang tersebar di perbukitan terpencil.

Update Dampak Gempa Garut: 131 Rumah Rusak di 50 Desa

“Jumlah korban luka bisa mencapai ratusan dan jumlah kematian juga bisa meningkat,” kata pejabat distrik Jajarkot Harish Chandra Sharma kepada Reuters melalui telepon.

Juru bicara kepolisian Kuber Kadayat mengatakan 92 orang tewas di Jajarkot dan 36 orang di distrik tetangga Rukum West, keduanya di provinsi Karnali. Pusat gempa berada di Desa Ramidanda.

Setidaknya 85 orang terluka di Rukum West dan 55 orang di Jajarkot, kata seorang pejabat di kantor perdana menteri, sementara Sharma mengatakan setidaknya 50 orang dirawat di rumah sakit di Jajarkot saja.

“Banyak rumah roboh, banyak lainnya retak. Ribuan warga menghabiskan sepanjang malam di tempat terbuka dan dingin, karena mereka terlalu takut untuk masuk ke dalam rumah yang retak saat gempa susulan terjadi,” kata Sharma. "Saya sendiri tidak bisa masuk."

Petugas pencarian dan penyelamatan harus membersihkan jalan-jalan yang tertutup tanah longsor, yang dipicu oleh gempa bumi untuk mencapai daerah yang terkena dampak, kata petugas polisi Namaraj Bhattarai.

Nepal

Photo :
  • BBC News

Perdana Menteri Nepal, Pushpa Kamal Dahal, terbang ke daerah tersebut pada Sabtu pagi 4 November 2023, bersama tim medis militer beranggotakan 16 orang untuk mengawasi pencarian, penyelamatan dan pertolongan, kata kantornya.

Dahal, yang mengunggah di platform media sosial X, mengungkapkan kesedihan mendalam atas hilangnya nyawa dan harta benda akibat gempa tersebut, dan memerintahkan badan keamanan untuk segera meluncurkan operasi penyelamatan dan bantuan.

Tayangan media lokal menunjukkan reruntuhan rumah-rumah bata bertingkat, dengan perabotan besar berserakan. Video di X juga menunjukkan orang-orang berlarian ke jalan ketika beberapa bangunan dievakuasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya