Pemerintah Evakuasi Keluarga Bang Onim dari Gaza, Tiba di RI Sore Ini

Keluarga Abdillah Onim (pertama kiri) berhasil dievakuasi dari Jalur Gaza
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kemlu RI

JakartaKementerian Luar Negeri (Kemlu) RI akan memastikan keluarga Abdillah Onim, Warga negara Indonesia (WNI), yang diselamatkan dari pusat konflik Israel-Hamas di Gaza, pulang ke Indonesia. Kemlu menegaskan bahwa pemerintah memfasilitasi kepulangan keluarga Onim untuk sampai ke Indonesia.

Hamas Sambut Baik Keputusan Kolombia Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

"Kemlu dan KBRI Kairo memfasilitasi kepulangan Bang Onim sekeluarga ke Indonesia," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha melalui pesan singkat, pada Senin, 6 November 2023.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha.

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong.
Brigjen Yusri Sebut Pelat Khusus ZZ Tak Kebal Ganjil Genap Kecuali Dikawal

Dilansir dari Antara, Onim, dan ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina, akan tiba di Indonesia pada Senin sore dengan menggunakan penerbangan Emirates dari Kairo, Mesir. 

Keluarga Abdillah Onim akhirnya berhasil diungsikan dari Gaza melalui perbatasan Rafah dan dibawa ke KBRI Kairo, pada Jumat, 3 November 2023.

Ngamuk, Milisi Islam Irak Gempur Tentara Israel di Dataran Tinggi Golan

Sesuai aturan Mesir, warga negara asing yang dievakuasi dari Gaza hanya boleh berada di wilayah Mesir selama 3x24 jam, sebelum dipulangkan ke negara masing-masing atau dipindahkan ke negara lain.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha.

Photo :
  • ANTARA/Aria Cindyara

Perbatasan Rafah, yang adalah pos perbatasan paling selatan dari Gaza dan berbatasan dengan Semenanjung Sinai di Mesir, adalah satu-satunya jalur untuk mengeluarkan warga negara asing di tengah konflik yang terus memanas antara Israel dan Hamas.

Pintu Rafah juga digunakan menyalurkan bantuan bagi ribuan korban konflik di Gaza. (Ant/ANTARA)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya