Geger Menteri Israel Ancam Nuklir Gaza, Ini Respon Arab Saudi

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

VIVA Dunia – Belum lama ini viral seorang menteri dari partai ekstremis Otzma Yehudit, Amichai Eliyahu, mengatakan salah satu pilihan Israel dalam perang di Gaza adalah menjatuhkan bom nuklir di Jalur Gaza.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Dilansir dari Times of Israel, Senin, 6 November 2023, Menteri Warisan Budaya Amichai Eliyahu mengatakan: “ini adalah salah satu kemungkinannya.”

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • euractiv.com
Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Eliyahu, dari partai sayap kanan Itamar Ben Gvir, bukan bagian dari kabinet keamanan yang terlibat dalam pengambilan keputusan di masa perang, juga tidak memegang kendali atas kabinet perang yang mengarahkan perang melawan Hamas.

Menanggapi pernyataan Eliyahu, Kantor Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu menyebut komentar tersebut tidak sesuai realita. Menurutnya, Israel tidak akan membunuh orang-orang yang tidak bersalah.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

"Pernyataan Eliyahu tidak didasarkan pada kenyataan. Israel dan IDF (militer) beroperasi sesuai dengan standar tertinggi hukum internasional untuk menghindari kerugian terhadap orang yang tidak bersalah," bunyi pernyataan dari kantor Netanyahu.

"Eliyahu akan diskors dari semua pertemuan pemerintah sampai pemberitahuan lebih lanjut," tulis The Jerusalem Post.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist

Tak hanya dari Netanyahu, pernyataan Eliyahu juga mendapatkan respon dari salah satu patron Timur Tengah, Arab Saudi. Kementerian Luar Negeri Saudi menyebut adanya penyebaran ekstremisme dan kebrutalan di antara anggota pemerintah Israel atas pernyataan ini.

"Lagi pula, tidak memecat menteri dan hanya membekukan keanggotaannya merupakan tindakan yang sangat mengabaikan semua standar dan nilai-nilai kemanusiaan," bunyi pernyataan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya