Perang Israel-Hamas Memanas, Prancis Kirim Belasan Kendaraan Lapis Baja ke Lebanon

Menteri Pertahanan Prancis, Sebastien Lecornu.
Sumber :
  • Istimewa.

LebanonPrancis akan mengirimkan belasan kendaraan lapis baja kepada tentara Lebanon agar mereka dapat melaksanakan misi patroli dengan baik di negara tersebut di tengah perang Hamas-Israel. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prancis, Sebastien Lecornu, dalam sambutannya yang diterbitkan pada Senin, 6 November 2023.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Berbicara kepada surat kabar Lebanon L'Orient Le Jour setelah kunjungan ke negara tersebut, Sebastien Lecornu mengatakan, bahwa sangat penting untuk memperkuat tentara nasional Lebanon, sehingga dapat berkoordinasi dengan baik dengan pasukan penjaga perdamaian PBB ketika ketegangan meningkat antara Israel dan Hizbullah di Lebanon selatan.

“Kami akan mengupayakan kemitraan kami dengan peralatan militer, terutama untuk pengangkutan pasukan yang dilindungi oleh lapis besi, yang merupakan kunci untuk mempertahankan patroli,” katanya, dikutip dari Alarabiya, Selasa, 7 November 2023.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Pasukan Hizbullah Lebanon

Photo :
  • Middle East Monitor

Dia menambahkan bahwa belasan kendaraan lapis baja akan segera diberikan kepada tentara Lebanon. “Dukungan kami untuk tentara Lebanon adalah untuk jangka panjang, apapun kesulitan yang ada saat ini,” tambah Lecornu.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Paris juga akan menyediakan obat-obatan dan menyiapkan program bersama untuk membeli pasokan medis dengan harga yang wajar untuk tentara Lebanon di masa depan, katanya.

Prancis, berupaya menggunakan hubungan historisnya dengan Lebanon untuk mencoba meredakan ketegangan antara Israel dan Hizbullah, namun kekerasan justru meningkat.

Sekitar 700 tentara Prancis adalah bagian dari Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL), yang didirikan pada 1978 menyusul kekerasan di perbatasan Israel-Lebanon.

Sebagai informasi, Hizbullah, sebuah kelompok bersenjata Muslim Syiah yang digolongkan oleh Amerika Serikat dan negara-negara lain sebagai organisasi teroris, memiliki kekuatan besar di Lebanon. Para pemimpin Lebanon juga khawatir bentrokan antara Hizbullah dan Israel dapat berkembang menjadi konflik besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya