Jokowi Ungkap Respons Joe Biden soal Hentikan Perang di Gaza

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • Dok. Kedutaan AS.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan komitmen Indonesia yang terus mendukung perjuangan Palestina kepada Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pekan lalu. Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta Presiden Biden agar gencatan senjata dilakukan di Gaza.

Ribuan Warga Israel Unjuk Rasa di Ibu Kota, Minta Netanyahu Bebaskan Sandera

“Saya bertemu di White House dengan Presiden Joe Biden, setelah itu bertemu lagi di San Fransisco, di APEC. Di kedua tempat ini, saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan, gencatan senjata segera dilakukan dan perang segera disetop,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma pada Senin, 20 November 2023.

Presiden Jokowi dan Chairman ABAC Indonesia Anindya Bakrie di acara ABAC ASEAN Caucus Day yang digelar di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat.

Photo :
  • Instagram @jokowi
5 Unit Militer Israel Langgar HAM, AS Pertimbangkan Sanksi

Selain itu, Jokowi juga meminta dukungan kepada Joe Biden agar masuknya bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Gaza tidak dihambat penyalurannya. Menurutnya, keempat poin ini disampaikan kepada Joe Biden saat di Gedung Putih maupun ketika menghadiri APEC Business Advisory Council di San Francisco.

“Bantuan kemanusiaan harus dipermudah untuk bisa masuk ke Gaza. Di Gedung Putih itu yang saya sampaikan, di APEC juga itu saya sampaikan secara tegas,” ungkapnya.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih

Photo :
  • Dok Presiden Joko Widodo

Namun, Jokowi mengakui tidak ada tanggapan atau respon dari Joe Biden ketika disampaikan poin-poin sikap komitmen Indonesia terhadap perjuangan Palestina. Hanya saja, ia meyakini Joe Biden telah menampung aspirasi tersebut.

“Tidak menanggapi. Mungkin masih ditampung jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan, saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya