Iran Bantah Terlibat Dalam Pembajakan Kapal Kargo Inggris oleh Kelompok Houthi Yaman

Kapal Galaxy Leader yang Disandera Kelompok Houthi Yaman
Sumber :
  • AP News

Taheran Iran langsung membantah terlibat dalam aksi penyitaan kapal kargo yang dioperasikan oleh Jepang di Laut Merah, setelah adanya tuduhan dari Israel, yang mengatakan bahwa kelompok Houthi Yaman menyita sebuah kapal kargo Inggris itu.

Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, pada Senin, 20 November 2023, membantah tuduhan Israel dalam konferensi pers.

“Kami telah berkali-kali mengatakan bahwa kelompok perlawanan (Houthi) di wilayah tersebut bertindak secara independen dan spontan berdasarkan kepentingan mereka dan kepentingan rakyat mereka,” kata Kanaani, dikutip dari Arab News, Senin, 20 November 2023.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

VIVA Militer: Milisi Houthi Yaman

Photo :
  • nytimes.com

Dia juga menambahkan bahwa klaim Israel ditujukan untuk mengalihkan perhatian dari kekalahan yang tidak dapat diperbaiki Tel Aviv dalam pertempuran Militan Hamas di Jalur Gaza.

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Minggu, 19 November 2023, Israel mengatakan insiden pembajakan kapal itui adalah tindakan terorisme Iran, yang memiliki konsekuensi terhadap keamanan maritim internasional.

Kelompok Houthi juga membenarkan penyitaan itu dengan mengatakan bahwa mereka telah menyita sebuah kapal di daerah itu, tetapi menggambarkan kapal itu milik Israel.

"Kami memperlakukan awak kapal sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai Islam,” kata juru bicara kelompok tersebut, tanpa mengacu pada pernyataan Israel.

Houthi, yang merupakan sekutu Teheran, telah meluncurkan rudal jarak jauh dan drone ke Israel sebagai solidaritas terhadap militan Hamas Palestina yang bertempur di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya