Joe Biden Ulang Tahun ke-81, Jadi Presiden Tertua dalam Sejarah AS

Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat Joe Biden baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-81 pada hari Senin, 21 November 2023, waktu setempat dengan berulang kali bercanda tentang usia lanjutnya tersebut. 

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

Seperti diketahui, Joe Biden menjadi presiden aktif paling tua dalam sejarah AS. Sebelum dirinya, rekor tersebut dipegang oleh Ronald Reagan, yang berusia 77 tahun pada akhir masa jabatan keduanya.

Usia Joe Biden juga menjadi perhatian masyarakat, ketika Gedung Putih dengan tegas mempertahankan stamina Biden dan menolak jajak pendapat yang menyatakan bahwa, masalah tersebut dapat membuat dia kehilangan suaranya dalam pemilu tahun depan. 

Pro Kontra Baekhyun EXO Gelar Kafe Ulang Tahun: Perayaan atau Peluang Bisnis?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan, usia presiden tidak boleh menjadi fokus utama. “Perspektif kami adalah, ini bukan tentang usia, ini tentang pengalaman presiden,” katanya. 

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Ia menyoroti bahwa Biden telah berhasil memperjuangkan beberapa undang-undang utama melalui Kongres. termasuk paket pekerjaan umum dan inisiatif mengenai kesehatan masyarakat dan memerangi perubahan iklim, serta mengunjungi zona perang aktif yang tidak dikendalikan oleh militer AS di Ukraina dan Israel.

“Apa yang kami katakan adalah kami harus menilai berdasarkan apa yang telah dia lakukan, bukan berdasarkan angka-angkanya,” kata Jean-Pierre.

"Saya akan mengutamakan stamina presiden, kebijaksanaan presiden, dan kemampuan untuk menyelesaikan hal ini atas nama rakyat Amerika, melawan siapa pun. Siapa pun, hari apa pun dalam seminggu,” lanjutnya.

Ketika bagian pidato Biden, ia memilih untuk merayakan ulang tahunnya dengan humor.

“Ngomong-ngomong, ini hari ulang tahunku,” kata Biden kepada orang banyak di halaman selatan Gedung Putih saat dia memberi pidato pada acara Thanksgiving, Liberty dan Bell. “Saya hanya ingin Anda tahu, sulit untuk mencapai usia 60 tahun,” tambah presiden sambil terkekeh. "Sulit."

Ulang tahun Joe Biden memang bertepatan dengan pekan Thanksgiving, yaitu salah satu tradisi di AS. 

Presiden AS Joe Biden

Photo :
  • Dok Joe Biden

Senin sebelum Thanksgiving adalah hari yang penuh tradisi di Gedung Putih. Pagi harinya, Presiden Biden akan memberikan pengampunan pada Hari Thanksgiving Nasional Turki dalam sebuah upacara di Halaman Selatan Gedung Putih.

Sore harinya, ibu negara Jill Biden akan menyambut pohon Natal resmi Gedung Putih bersama keluarga militer.

Mulai minggu ini, keluarga Biden mengadakan makan malam "Friendsgiving" dengan anggota militer di Pangkalan Angkatan Laut Norfolk di Virginia.

Selamat ulang tahun Joe Biden!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya