Eks PM Israel Sebut Hamas Pakai Terowongan Bekas Israel di Bawah RS Al Shifa Gaza

Israel merilis video diduga terowongan Hamas di bawah RS Al Shifa di Gaza
Sumber :
  • Ist

Gaza – Perang Israel melawan militan Hamas masih berkecamuk di wilayah kantung Gaza, Palestina. Belasan ribu korban jiwa dengan mayoritas anak-anak dan perempuan masih terus berjatuhan. Bom di mana-mana masih menghujani kawasan Jalur Gaza hingga tak ada zona aman. 

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

Terkini, pihak Israel sempat menemukan terowongan yang diyakini digunakan oleh pihak Hamas untuk bersembunyi dan melancarkan serangan. Sementara eks PM Israel Ehud Barak mengatakan bahwa bunker di bawah RS Al-Shifa Gaza dibangun oleh mereka. 

“Sudah (telah) diketahui selama bertahun-tahun bahwa mereka memiliki bunker yang awalnya (dibangun) oleh pembangun Israel di bawah Shifa (yang) digunakan sebagai pos komando Hamas,” katanya kepada Christiane Amanpour dari CNN dalam sebuah wawancara.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Israel merilis video diduga terowongan Hamas di bawah RS Al Shifa di Gaza

Photo :
  • Ist

“Semacam persimpangan beberapa terowongan adalah bagian dari sistem. Ini mungkin bukan satu-satunya pos komando, beberapa lainnya berada di bawah rumah sakit lain atau di tempat sensitif lainnya, tapi pos ini pasti pernah digunakan oleh Hamas selama konflik ini,” tambahnya.

Terpilih Kembali Jadi Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Palestina, Fadli Zon: Ini Tugas Mulia

Untuk diketahui, Israel sendiri sempat merebut Gaza dari Mesir pada tahun 1967 dan menguasai wilayah itu di bawah pendudukan militer penuh sampai 2005 saat Israel menarik pemukim dan tentara mereka dalam sebuah tindakan yang dikenal dengan pelepasan. 

“Mungkin lima atau empat dekade yang lalu kami membantu (Palestina) membangun bunker-bunker ini untuk memberikan lebih banyak ruang bagi operasional rumah sakit dalam ukuran yang sangat terbatas dari kompleks ini,” ujarnya.

Israel merilis video diduga terowongan Hamas di bawah RS Al Shifa di Gaza

Photo :
  • Ist

Pada saat penggerebekan kompleks rumah sakit tersebut minggu lalu, Israel telah melayangkan klaim bahwa kompleks tersebut dipakai oleh Hamas sebagai pusat komando. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) bahkan sempat memperlihatkan bukti nyata Hamas di sana. 

Mereka menuduh Hamas memakai kompleks tersebut sebagai kedok bagi apa yang mereka sebut sebagai infrastruktur teror di bawahnya, termasuk pusat komando dan kendali. Militer memperlihatkan apa yang digambarkan oleh seorang komandan sebagai sebuah terowongan. 

“Saya telah menemukan terowongan – pada tahun 2014 dalam (operasi) Protective Edge, saya adalah seorang komandan kompi – dan terowongan ini jauh lebih besar daripada terowongan standar,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya