Israel Sepakat Gencatan Senjata dengan Hamas, Ini Syarat-syaratnya

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam Sidang ke-78 Majelis Umum PBB di New York, AS.
Sumber :
  • ANTARA/HO-UN Photo.

VIVA Dunia – Setelah negosiasi yang cukup panjang, Kabinet Israel pada hari Rabu waktu setempat telah menyetujui gencatan senjata sementara dengan Hamas yang diharapkan dapat menghentikan pertempuran dalam perang enam minggu yang menghancurkan. Israel meminta kebebasan bagi puluhan sandera yang ditawan di Jalur Gaza. 

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Kesepakatan itu menyerukan gencatan senjata selama empat hari, di mana Israel akan menghentikan serangan militernya di Gaza sementara Hamas membebaskan “setidaknya” 50 dari sekitar 240 sandera yang disanderanya dan militan lainnya, kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, melansir AP News, Rabu, 22 November 2023. 

VIVA Militer: Tentara wanita Israel

Photo :
  • npr.org
Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Sandera pertama yang dibebaskan adalah perempuan dan anak-anak. “Pemerintah Israel berkomitmen untuk memulangkan semua sandera. Malam ini, pemerintah menyetujui garis besar tahap pertama untuk mencapai tujuan ini,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan.

Laporan media menjelang pemungutan suara menyebut, Israel akan membebaskan sekitar 150 tahanan Palestina dan mengizinkan bantuan kemanusiaan tambahan ke Gaza sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, namun pernyataan Israel tidak menyebutkan salah satu dari elemen tersebut. 

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Tidak jelas kapan gencatan senjata, yang ditengahi oleh AS dan Qatar itu, akan mulai berlaku.

Pembebasan sandera akan dimulai sekitar 24 jam setelah kesepakatan disetujui oleh semua pihak, kata seorang pejabat senior Gedung Putih. Pemerintah Qatar, yang menjadi penengah dengan Hamas, belum memberi pernyataan resmi. 

Menjelang pemungutan suara Kabinet, yang dilakukan setelah pertemuan enam jam hingga dini hari, Netanyahu mengatakan perang melawan Hamas akan dilanjutkan setelah gencatan senjata berakhir.

“Kami sedang berperang, dan kami akan melanjutkan perang,” katanya. “Kami akan melanjutkannya sampai kami mencapai semua tujuan kami.”

Terlepas dari kata-katanya yang keras, pernyataan pemerintah mengatakan gencatan senjata akan diperpanjang satu hari tambahan untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan oleh Hamas. 

VIVA Militer: Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas Palestina

Photo :
  • timesofisrael.com

Setidaknya 13.000 warga Palestina, sekitar 5.600 di antaranya anak-anak dan 3.500 wanita, telah terbunuh di Gaza sejak Israel melancarkan serangan udara dan darat ke Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menargetkan Israel, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza. 

Hamas dan kelompok sekutunya menyandera sekitar 240 orang selama serangan mereka ke Israel selatan yang menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut pihak berwenang Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya