Dukung Palestina, Warga Spanyol Turun ke Jalan Serukan Diakhirinya Genosida

Para pengunjuk rasa di seluruh Spanyol turun ke jalan pada Rabu malam, 29 November 2023, untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina.
Sumber :
  • Senhan Bolelli - Anadolu Agency.

Spanyol – Para pengunjuk rasa di kota-kota di seluruh Spanyol turun ke jalan pada Rabu malam, 29 November 2023, untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina. Pada protes di alun-alun pusat kota Madrid, politisi Spanyol Ione Belarra menyerukan diakhirinya genosida.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

"Dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas kebiadaban ini ke Pengadilan Kriminal Internasional," kata Belerra, dikutip dari Anadolu Agency, Kamis, 30 November 2023.

Protes di ibu kota tersebut diselenggarakan dengan slogan "Tidak untuk pembagian Palestina" pada Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina. Banyak dari ratusan pengunjuk rasa memegang poster yang menyerukan perdamaian yang adil.

Ratusan Mahasiwa dan Dosen UI Gelar Aksi Kemanusiaan Dukung Kemerdekaan Palestina

Masyarakat Inggris unjuk rasa mendukung Palestina

Photo :
  • BBC.co.uk

Para pengunjuk rasa di kota-kota lain seperti Barcelona, Oviedo dan Valladolid turun ke jalan untuk menyerukan gencatan senjata permanen. Salah satu serikat pekerja utama di negara tersebut, Komisi Pekerja (CCOO), membantu mengorganisir beberapa protes, dengan anggotanya berdiri untuk mendukung Palestina dan menyerukan diakhirinya kekerasan.

PBB Sebut Rekonstruksi Pembangunan di Jalur Gaza Bisa Mencapai Rp 643 Triliun

Pada Selasa malam, 28 November 2023, Wakil Perdana Menteri Spanyol, Yolanda Diaz, bertemu dengan duta besar Palestina untuk menyampaikan dukungannya. “Perjuangan Palestina adalah perjuangan kemanusiaan,” tulisnya di platform media sosial X.

Para dokter di Doctors Without Borders cabang Spanyol juga mengeluarkan seruan untuk kemanusiaan di Jalur Gaza.

“Serangan terhadap rumah sakit dan penduduk sipil harus dihentikan sekarang,” kata salah satu dokter organisasi itu dalam sebuah video.

Sebagai informasi, Israel telah melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober lalu. Sejak itu, serangan Tel Aviv ini telah menewaskan lebih dari 15.000 orang, termasuk 6.150 anak-anak dan 4.000 perempuan, menurut otoritas kesehatan di wilayah kantong tersebut.

Sementara korban tewas resmi di Israel mencapai 1.200 orang, termasuk warga sipil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya