Sidang Kasus Korupsi Netanyahu Kembali Digelar Usai Jeda 2 Bulan

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • NBC News

Tel Aviv – Perdana Menteri IsraelBenjamin Netanyahu, menghadapi persidangannya atas tuduhan korupsi. Persidangan telah dilanjutkan pada 4 Desember 2023, setelah reses dua bulan sejak dimulainya perang melawan Hamas di Jalur Gaza.

UEA Tidak Akan Berikan Perlindungan Bagi Israel Usai Perang di Gaza Berakhir

Sidang Netanyahu awalnya dijadwalkan setelah Operasi Banjir Al-Aqsa.

"Dengan kembalinya pengadilan ke aktivitas normal bulan ini, persidangan Netanyahu akan terus berlanjut meskipun terjadi perang," menurut Israel Hayom, salah satu media Israel.

Profil Nayunda Nabila, Penyanyi Dangdut yang Terseret Kasus Korupsi Eks Mentan SYL

Ilustrasi pengadilan.

Photo :
  • Pixabay

Sidang pengadilan ini dimulai dengan kesaksian Eran Buchnik, seorang penyelidik yang menyelidiki dugaan korupsi Netanyahu.

Dukung Aksi Jahat Israel, Inggris Lancarkan Ratusan Misi Mata-mata di Gaza

Setelah Buchnik, pengadilan akan mendengarkan kesaksian penyelidik Dotan Malichi dari unit kejahatan besar Lahav 433, dan Lior Shpitz, penyelidik Otoritas Sekuritas.

Netanyahu telah menghadapi tuntutan pidana terkait penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan. Baru-baru ini Netanyahu juga didesak mundur oleh mantan kepala dinas keamanan Israel Shin Bet, Yuval Diskin.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Channel 12 Israel, Diskin mengatakan perilaku Netanyahu sejak 7 Oktober menjelaskan dengan baik mengapa dia harus mundur dari pemerintahan.

Diskin juga menegaskan bahwa Netanyahu sudah kalah dan acuh tak acuh dalam dua minggu pertama perang, setelah 7 Oktober karena ia menolak bertanggung jawab atas serangan Hamas.

"Dalam pemilu mendatang, kita harus memilih pemimpin yang baru, dapat dipercaya, dan rendah hati, yang mencintai rakyatnya, bukan dirinya sendiri," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya