Warga China Takut Berkunjung ke Negara ASEAN Gegara Banyak Perdagangan Manusia

Ilustrasi Turis China
Sumber :
  • Jing Daily

VIVA Dunia – Warga China dikabarkan merasa tak aman untuk datang ke Asia Tenggara. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan kekhawatiran yang meluas mengenai perdagangan manusia yang berasal dari skema penipuan dunia maya di Asia Tenggara,.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Hal itu setelah sebuah film China yang terkenal menyoroti insiden-insiden di Myanmar, dan reputasi negara tersebut yang kini rusak kemungkinan besar akan membuat kembalinya wisatawan China menjadi sebuah perjuangan yang berat, menurut laporan The China Project, Rabu, 6 Desember 2023.

Film aksi kejahatan berjudul “No More Bets,” yang menduduki puncak box office China sejak dirilis pada awal Agustus, menawarkan gambaran yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang rumitnya kejahatan dunia maya di Asia Tenggara.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Phuket, Thailand

Photo :
  • unsplash,com

Mengambil inspirasi dari ribuan kasus kehidupan nyata dan menggabungkan gambaran industri yang realistis, film ini menceritakan kisah pasangan China, yang terpikat oleh tawaran pekerjaan bergaji tinggi di luar negeri, yang tanpa disadari menjadi korban skema penipuan yang membuat mereka terpaksa bekerja keras di pabrik penipuan online saat berada di bawah pengawasan ketat.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Slogan promosi film tersebut, yang berbunyi “Satu lagi penonton, berkurang satu korban penipuan”, meng-highlights harapan pembuat film untuk menyoroti tren ini.

Seperti diketahui, Myanmar dan Kamboja sering menjadi berita utama dalam beberapa tahun terakhir karena maraknya skema perdagangan manusia terkait penipuan online. Dan pada bulan lalu, Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB memperingatkan bahwa tren ini tidak akan hilang, dengan setidaknya 120.000 orang di Myanmar dan sekitar 100.000 orang di Kamboja kemungkinan ditahan dalam situasi di mana mereka dipaksa oleh kelompok kriminal untuk melakukan tindakan kriminal penipuan daring.

Negara-negara lain di Asia Tenggara, termasuk Laos, Filipina, dan Thailand, juga disebut-sebut sebagai negara-negara utama yang menjadi tempat transit perdagangan manusia atau sebagai negara tujuan bagi setidaknya puluhan ribu orang.

Dampak dari film tersebut juga berdampak pada industri pariwisata keluar negeri di China, sehingga wisatawan kurang berminat untuk mengunjungi negara-negara tersebut.

Pada tahun 2019, lebih dari 2,3 juta dari 6,6 juta pengunjung asing yang berkunjung ke Kamboja, atau 35%, adalah turis China, sehingga menjadikan negara ini sebagai pasar pariwisata terbesar di Kamboja.

Tiongkok telah menjadi salah satu sumber wisatawan terbesar di Myanmar sebelum dan bahkan selama pandemi dan perang saudara yang sedang berlangsung di negara tersebut.

Beberapa orang dalam industri pariwisata mengatakan kepada media China bahwa penipuan dunia maya di Myanmar telah merusak reputasi negara tersebut, berdampak buruk pada kepercayaan wisatawan, dengan jumlah pertanyaan dan rencana kunjungan ke Myanmar anjlok meskipun Tiongkok telah mencabut larangan tur kelompok ke negara tersebut. 10 Agustus.

Jajak pendapat baru-baru ini di Weibo, platform mirip X milik China, menunjukkan bahwa 48.000 dari 54.000 responden akan menghindari perjalanan ke Myanmar, sementara sekitar 3.000 mengatakan mereka akan ragu melakukan kunjungan tersebut karena alasan keamanan.

Dalam jajak pendapat lain yang menanyakan pengguna internet China apakah mereka akan bepergian ke Asia Tenggara, lebih dari 85% responden mengatakan mereka tidak akan (dan tidak akan lagi) mempertimbangkan untuk bepergian ke sana karena alasan yang sama.

Ilustrasi Turis China

Photo :
  • Jing Daily

Warga negara Tiongkok terus-menerus diingatkan oleh Kedutaan Besar Tiongkok di Myanmar sejak tahun lalu untuk tidak mengikuti lowongan pekerjaan online dengan gaji tinggi atau ikut serta dalam aktivitas yang melanggar hukum.

Dalam upaya untuk menarik kembali wisatawan China setelah pencabutan larangan tur kelompok pada bulan Januari, Kementerian Pariwisata Kamboja meluncurkan program khusus pada awal Agustus untuk memberikan akreditasi kepada operator bisnis pariwisata yang kualitas layanannya memenuhi standar China. Dengan inisiatif “China Ready”, Kamboja berharap dapat mendatangkan setidaknya 800.000 pengunjung Tiongkok pada akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya