Kelompok STC yang Didukung UEA di Yaman Dekati Israel Perangi Houthi

Pemimpin Dewan Transisi Selatan STC, Aidarous al-Zubaidi.
Sumber :
  • The New Arab.

Yaman – Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung Uni Emirat Arab (UEA) di Yaman, dilaporkan telah mendekati Israel untuk membentuk aliansi. Hal ini guna melindungi jalur pelayaran di Laut Merah dari kelompok terorisme Houthi.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Koresponden saluran televisi Israel Kan 11, Roi Kais, mengutip sumber yang dekat dengan Pemimpin STC Aidarous al-Zubaidi. Mereka mengatakan bahwa Israel akan mendapatkan mitra dalam perang melawan gerakan perlawanan Ansarallah jika mengakui aspirasi separatis STC.

“Sebuah sumber yang dekat dengan Al-Zubaidi memberi tahu kami di sini bahwa STC di Yaman selatan ingin memerangi terorisme Houthi, untuk menerima dukungan internasional dan juga dukungan Israel,” kata Kais, tanpa menyebutkan siapa sumber tersebut.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Kapal Galaxy Leader yang Disandera Kelompok Houthi Yaman

Photo :
  • AP News

Menurut Kais, Zubaidi pekan lalu menyatakan kesediaannya agar STC berpartisipasi dalam upaya internasional untuk melindungi pelayaran Israel di Laut Merah.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Dilansir dari The Cradle, Rabu, 13 Desember 2023, dia juga menjelaskan kehadiran tiga pemerintahan paralel di Yaman dan keinginan STC untuk memisahkan diri dari wilayah utara seperti yang terjadi di masa lalu.

“Jika Israel mengakui hak kami untuk menentukan nasib sendiri di Yaman selatan, anda akan menemukan sekutu yang mampu melawan ancaman Houthi,” kata sumber tersebut, menurut koresponden Israel.

STC baru-baru ini meningkatkan seruannya yang berlatarbelakang sejarah untuk mendirikan negara merdeka di Yaman selatan, seperti yang terjadi pada tahun 1967 hingga 1990. UEA lantas mendukung aspirasi STC untuk membentuk negara separatis.

Houthi Yaman

Photo :
  • Yemen House

Sementara Tel Aviv dan Abu Dhabi menjalin hubungan dekat dan berkoordinasi satu sama lain untuk mempertahankan pendudukan bersama di Pulau Socotra Yaman.

Setelah Kesepakatan Abraham tahun 2020, yang membuat UEA menormalisasi hubungan dengan Israel, STC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak memusuhi negara atau agama mana pun di dunia, kecuali mereka yang menentang Yaman selatan.

"Kami mengulurkan tangan kepada siapa pun untuk membangun perdamaian karena perdamaian adalah ambisi kami.”

Media Lebanon pekan lalu melaporkan bahwa Zubaidi baru-baru ini bertemu dengan Utusan Khusus AS untuk Yaman, Tim Lenderking, di Abu Dhabi.

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas mobilisasi kelompok tentara bayaran yang didukung UEA dan milisi yang terkait dengan STC melawan lawan Israel di Yaman.

Zubaidi juga meyakinkan utusan AS bahwa STC bersedia memainkan peran penting dalam melindungi kapal-kapal Israel di Laut Merah dan selat Bab al-Mandab.

Hal ini menyusul laporan bahwa AS dan Israel sedang berupaya membentuk gugus tugas maritim internasional yang bertujuan melindungi kapal-kapal Israel, sehubungan dengan serangan angkatan laut baru-baru ini yang dilakukan oleh pasukan Ansarallah dan Sanaa untuk mendukung Palestina.

Pemerintah yang ditunjuk Saudi di Yaman mengungkapkan pada Senin, 11 Desember 2023, bahwa mereka telah menerima undangan dari Washington untuk berpartisipasi dalam koalisi angkatan laut multinasional yang bertujuan menghadapi Ansarallah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya