Pria Israel Ngaku Jadi Korban Serangan Hamas Agar Dapat Sumbangan

Masjid di Gaza hancur akibat serangan Israel.
Sumber :
  • Anadolu Agency.

VIVA – Seorang pria Israel-Argentina kedapatan mengarang cerita untuk mengklaim bahwa dia adalah orang yang selamat dari serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober untuk menipu orang-orang demi mendapatkan sumbangan.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kerja sama penyiaran publik Israel, KAN, telah memposting wawancara dengan warga negara Argentina-Israel Nico Astroga, yang mengklaim bahwa dia adalah penyintas festival musik di Re’im. Dia juga mengaku menyaksikan serangan Hamas, yang menewaskan “29 temannya.”

Gedung-gedung di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa.
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Namun media menghapus wawancara tersebut setelah pria tersebut tidak pernah dikonfirmasi sebagai salah satu orang yang menghadiri festival tersebut.

Laman berita Israel, Walla, mengatakan bahwa pria tersebut mengklaim bahwa dia mengundang 29 temannya untuk merayakan ulang tahunnya di sebuah pesta di mana tidak ada seorang pun yang selamat.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Outlet berita tersebut menegaskan, materi yang diberikan Astroga, termasuk foto dan video, berasal dari pihak berbeda yang diadakan pada tahun 2016.

Namun, KAN berusaha untuk melepaskan diri dari situasi tersebut, dengan mengklaim bahwa mereka harus menghapus konten tersebut hanya karena keraguan tentang detail yang disiarkan dalam artikel tersebut. Media juga mengklaim bahwa bukti yang disajikan dari Astroga tampaknya meyakinkan.

VIVA Militer: Ledakan di kota Khan Younis, Gaza, usai serangan udara Israel

Photo :
  • palestinechronicle.com

Namun mereka memutuskan untuk segera menghapus artikel itu dari jaringan dan melakukan penyelidikan menyeluruh.

Berita ini menjadi berita utama di media Israel karena Astroga menerima sumbangan dari pengusaha Noam Lanir. The Jerusalem Post mengatakan blogger Daniel Amram mengungkap pria Israel-Argentina tersebut. Dikutip juga dari ayah Astroga yang mengatakan bahwa putranya sudah tidak tinggal serumah lagi. 

“Kami tidak ingin ada hubungannya dengan cerita ini dengan segala hormat, no comment. Selamat tinggal,” kata sang ayah kepada Maariv, dikutip dari Moroccoworldnews, Kamis, 14 Desember 2023.

Berita tersebut menimbulkan serangkaian ejekan sekaligus kritik terhadap media Israel.

“Kebohongannya terungkap hanya karena dia mengarangnya untuk mendapatkan kompensasi finansial dari negara Israel. Dalam kasus lain, Israel berkepentingan untuk mempromosikan kesaksian yang meragukan seperti Yoni Saadon yang misterius, yang mengatakan bahwa dia menyaksikan 10 pejuang Hamas secara bersamaan memperkosa seorang wanita dengan 'wajah malaikat' di lapangan,” kata seorang komentator di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

“Mereka hanya mengada-ada dan bahkan ketika kebohongan itu terbantahkan, mereka tidak berhenti mengulangi kebohongannya. Lalu mereka bilang kamu membenci mereka karena kamu tidak percaya kebohongan mereka,” cuitan yang lain.

Sepanjang agresinya di Gaza, Israel sengaja menggunakan klaim yang tidak terverifikasi dan tuduhan tidak berdasar untuk mendapatkan dukungan dan simpati.

Namun, klaim ini telah dibantah oleh banyak laporan. Selain itu, mantan sandera Israel yang sebelumnya ditahan oleh Hamas telah membantah klaim Israel.

Salah satu sandera secara eksplisit menyangkal bahwa Hamas menganiaya dirinya dan rekan-rekannya yang disandera, dan menyatakan bahwa kelompok perlawanan merawat dan memperlakukan mereka dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya