Israel Bom Kamp Pengungsi Jabalia, Belasan Warga Palestina Tewas

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Jalur Gaza, Palestina
Sumber :
  • sky.com

Gaza – Belasan orang tewas di Jalur Gaza, pada Selasa, 19 Desember 2023, setelah serangan udara brutal Israel di utara dan selatan Palestina, menghantam wilayah itu.

Deretan Kampus Bergengsi di Inggris Gelar Kemah Pro-Palestina

"Setidaknya 13 warga Palestina tewas dan sekitar 75 lainnya luka-luka dalam serangan di kamp pengungsi Jabalia di utara," kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra, serangan udara Israel menghantam Pusat Medis Jabalia pada saat yang bersamaan, dan mengakibatkan beberapa korban jiwa.

Delegasi Hamas Bakal Kunjungi Mesir, Bahas Gencatan Senjata di Jalur Gaza

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Tepi Barat, Palestina

Photo :
  • france24.com

Dilansir dari The Cradle, Rabu, 20 Desember 2023, rekaman setelah pemboman di kamp Jabalia menunjukkan beberapa warga Palestina tewas dan terluka. Mereka tergeletak di tumpukan puing-puing.

Turki Hentikan Perdagangan dengan Israel Buntut Pengiriman Bantuan ke Gaza Terhambat

Serangan tersebut terjadi hanya beberapa jam, sebelum serangan brutal Israel lainnya pada 19 Desember, yang menargetkan daerah pemukiman di kota Rafah di Gaza selatan.

Setidaknya 29 warga Palestina tewas ketika beberapa rumah di Rafah dihantam serangan Israel. Di antara korban tewas adalah jurnalis Adel Zarab.

Hal ini meningkatkan jumlah jurnalis yang mati syahid menjadi 97 sejak dimulainya agresi Israel di Jalur Gaza.

Pesawat-pesawat tempur Israel juga menargetkan kota Khan Yunis di selatan.  Beberapa kematian dan cedera telah dilaporkan.

“Pembantaian Jabalia dan serangkaian pembantaian Zionis yang didukung Amerika tidak akan berhasil mengusir rakyat kami dari tanah mereka,” kata milisi Hamas dalam sebuah pernyataan.

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke kota Rafah, Palestina

Photo :
  • aljazeera.com

“Anda tidak akan berhasil mematahkan keinginan orang-orang hebat kami dan perlawanan mereka yang gagah berani,” tambah pernyataan itu.

Tentara Israel terus melakukan operasi darat, yang kini terfokus di selatan, dan berlanjut di seluruh Gaza

Pasukan Israel juga menghadapi perlawanan di lapangan dan mengalami penyergapan setiap hari yang dilakukan oleh Brigade Qassam Hamas dan kelompok perlawanan lainnya di Gaza.

Pada 18 Desember 2023, Brigade Qassam merilis rekaman pasukan mereka bentrok dengan pasukan Israel.

Dalam salah satu bagian video, tentara yang berkerumun di belakang tank diserang dengan rudal anti-tank.

Video lain yang dirilis hari itu menunjukkan kehancuran total kendaraan lapis baja Israel yang membawa sejumlah tentara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya