Dampak Gempa di Jepang, Korsel Bagian Timur juga Dilanda Tsunami

Ilustrasi mega tsunami.
Sumber :
  • SMS-Tsunami-Warning.com

Tokyo – Otoritas cuaca di Korea Selatan mengatakan mereka telah mengamati tsunami di bagian timur negara itu, menyusul gempa bumi di Jepang.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

"Tsunami setinggi 45 sentimeter terlihat di sebuah kota di Provinsi Gangwon di Laut Jepang, dan gelombang setinggi 30 sentimeter mencapai kota lain di provinsi yang sama," kata otoritas cuaca Korsel, dikutip dari NHK, Senin, 1 Januari 2024.

Pihak berwenang juga mengatakan kemungkinan gelombang yang lebih besar bisa datang dan berlangsung lebih lama.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Lembaga penyiaran publik negara itu mendesak masyarakat di wilayah pesisir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, pihak berwenang di Rusia, tepatnya di kota Vladivostok dan Nakhodka juga mendesak warganya untuk tetap waspada.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Ilustrasi tsunami.

Photo :
  • Pexels

Seperti diberitakan sebelumnya, Jepang secara resmi mengeluarkan peringatan tsunami besar, setelah gempa berkekuatan 7,5 skala Richter melanda wilayah tengah.

"Warga di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK.

Pihak berwenang telah memperingatkan adanya gelombang setinggi 5 meter di Noto.

Mereka juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur tetangga Niigata dan Toyama, dimana mereka mengatakan gelombang bisa mencapai 3 meter.

Televisi publik menayangkan tulisan "EVACUATE" dalam huruf besar, dan mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca musim dingin.

Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, dilanda tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada Senin, 1 Januari 2024, pukul 16:21 waktu setempat. Insiden ini menyusul gempa besar yang melanda wilayah tersebut.

Dilansir dari NHK, Kota Toyama, prefektur Toyama, juga melaporkan adanya tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16.35 waktu setempat. 

Kota Kashiwazaki, prefektur Niigata, juga menyaksikan tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16:36 waktu setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya