Memiliki Keturunan Yahudi, Ini 5 Fakta Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina

VIVA Militer; Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • sputniknews.com

Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, memiliki keturunan Yahudi, Maka tidak heran jika dirinya mendukung penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Volodymyr Zelensky lahir dari kalangan Yahudi, dimana kakeknya menjadi korban Holocaust yang dilakukan oleh Nazi. Hingga pada perang dunia, keluarnya sampai mengungsi. Berikut beberapa fakta Volodymyr Zelensky memiliki keturunan Yahudi, dilansir berbagai sumber:

1. Keluarga Yahudi Soviet

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Photo :
  • AP Photo/Eduardo Munoz.

Dikalangan keluarga Volodymyr Zelensky, bahwa dirinya merupakan lahir dari keluarga Yahudi meskipun tidak terlalu taat. Ketika Uni Soviet jatuh pada tahun 1990. Banyak keluarnya yang memutuskan pindah ke Amerika, Israel dan ada juga yang menetap.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

2. Cucu dari Korban Holocaust Volodymyr

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • telegraph.co.uk

Volodymyr Zelensky lahir pada 25 Januari 1978 di sebuah kota di Ukraina. Pada masa Perang Dunia II, Kakek dan Nenek dari Volodymyr Zelensky menjadi korban pembantaian kaum Yahudi pada masa Nazi.

Tidak hanya kakek dan neneknya, kedua orang tuanya pun pernah menjadi korban keganasan pembantaian Yahudi yang dilakukan oleh Jerman. Selain itu juga, beberapa keluarnya pun meninggal karena ditembak.

3. Jarang Bukan Identitas Mengenai Keluarga Yahudi

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • mirror.co.uk

Volodymyr Zelensky jarang membahas identitas Yahudi di depan umum, dan hal itu bukanlah bagian penting dari kampanyenya, bahkan oleh para pengkritiknya.

Ketika ditanya tentang ke-Yahudi-annya oleh filsuf Yahudi Prancis Bernard-Henry Levi pada awal tahun 2019, Volodymyr Zelensky menolak untuk menjelaskannya secara panjang lebar, tulis Levy ketika wawancara tersebut muncul di surat kabar Prancis Le Point. "Fakta bahwa saya seorang Yahudi hampir tidak masuk dalam daftar 20 kesalahan saya," katanya kepada Levi.

4. Memiliki Hubungan Baik dengan Israel

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • nypost.com

Volodymyr Zelensky mengatakan dia memiliki kerabat yang pindah ke Israel pada tahun 1990an, saat gelombang migrasi Yahudi dari Uni Soviet yang baru dibubarkan. Dia juga menjalankan bisnis di sana sebagai aktor dan komedian, dan tampil di berbagai tempat di seluruh negeri.

Sebagai presiden Ukraina, ia hanya berkunjung sekali, yaitu untuk memperingati Holocaust sesaat sebelum pandemi COVID-19 dimulai. "Saya kenal Israel," katanya dalam wawancara dengan Times of Israel. "Saya kenal orang-orang di sana."

5. Karir Volodymyr Zelensky

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • ukrinform.net

Volodymyr Zelensky duli kuliah di jurusan hukum, namun dia memilih berakting di perguruan tinggi dan akhirnya mendirikan perusahaan produksinya sendiri bernama Kvartal 95  "Neighborhood 95" setelah daerah di Kryvyi Rih tempat dia dibesarkan.

Dia beralih ke komedi dan menjadi hit di seluruh bekas Uni Soviet, tampil stand up dan berakting di beberapa film komik. Pada tahun 2006, ia memenangkan kompetisi televisi "Strictly Come Dancing" Ukraina. Dia juga tampil di Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya