Kapal Perangnya di Serang di Laut Merah, Militer AS Lumpuhkan Rudal Jelajah Kelompok Houthi

VIVA Militer: Rudal milisi Houthi Yaman
Sumber :
  • aa.com.tr

Washington – Pasukan militer Amerika Serikat (AS) menembak jatuh sebuah rudal jelajah yang ditembakkan ke kapal perang AS dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman, Minggu 14 Januari 2023.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Serangan tersebut tampaknya merupakan yang pertama terhadap kapal perusak AS di tengah meningkatnya jumlah serangan rudal dan drone atau upaya serangan oleh kelompok Houthi terhadap kapal yang mereka anggap terkait dengan Israel di jalur perdagangan utama Laut Merah.

“Pada 14 Januari sekitar pukul 16.45 (waktu setempat) sebuah rudal jelajah anti-kapal ditembakkan dari wilayah militan Houthi yang didukung Iran di Yaman menuju USS Laboon (DDG 58), yang beroperasi di Laut Merah Selatan,” kata Komando Pusat Amerika Serikat dalam sebuah pernyataan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

VIVA Militer: Serangan rudal militer Amerika Serikat di Yaman

Photo :
  • ria.ru

“Rudal tersebut ditembak jatuh di sekitar pantai Hodeida oleh pesawat tempur AS. Tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan," menurut CENTCOM, dikutip dari Alarabiya News, Senin, 15 Januari 2024.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Sementara itu, kelompok Houthi mengatakan tindakan mereka merupakan bentuk solidaritas terhadap Gaza, di mana Israel melancarkan serangan kejam terhadap 2,3 juta penduduk di wilayah tersebut sebagai pembalasan atas serangan lintas perbatasan Hamas lebih dari tiga bulan lalu.

Sebelumnya, Amerika Serikat membantah laporan Houthi Yaman bahwa mereka melancarkan serangan baru terhadap sasaran Houthi di Yaman.

Media Houthi mengatakan serangan AS dan Inggris telah menghantam Hodeida yang dikuasai Houthi, namun seorang pejabat pertahanan AS yang berbicara secara anonim mengatakan, “Tidak ada serangan AS atau koalisi yang terjadi hari ini.”

Sebagai informasi, sekitar 12 persen perdagangan global biasanya melewati Selat Bab al-Mandeb, pintu masuk Laut Merah antara barat daya Yaman dan Djibouti, namun serangan Houthi telah mempengaruhi arus perdagangan.

Washington bulan lalu mengumumkan inisiatif keamanan maritim, Operation Prosperity Guardian, untuk melindungi lalu lintas maritim di wilayah tersebut. Namun, kelompok Houthi terus melakukan serangan meski telah mendapat beberapa peringatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya