AS Dilanda Badai Salju Dahsyat, 33 Orang Tewas Dipicu Kecelakaan hingga Hipotermia

Badai salju di Capitol Hill, Washington DC, AS
Sumber :
  • AP Photo/Mariam Zuhaib

Washington – Badai musim dingin di sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS), setidaknya telah menewaskan 33 orang pada Rabu malam, 17 Januari 2024. Sebagian wilayah disinyalir mengalami kebekuan yang cukup parah.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Puluhan kematian yang dilaporkan sejauh ini disebabkan oleh keadaan yang berhubungan dengan cuaca seperti kecelakaan mobil karena jalan yang tertutup badai salju, dan hipotermia yang disebabkan oleh suhu yang mendekati titik beku, menurut beberapa media.

Hujan salju lebat dan hujan beku telah menyelimuti sebagian besar wilayah Pacific Northwest, menutup jalan-jalan dan menyebabkan pemadaman listrik bagi hampir 100.000 penduduk, menurut situs web PowerOutage.us.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Peringatan kecelakaan terjadi akibat badai salju di Interstate 55, Mississipi,AS

Photo :
  • AP Photo/Rogelio V. Solis

Layanan Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan bahwa selain badai es, ada kondisi cuaca musim dingin yang lebih parah yang akan terjadi. “Periode salju terberat disertai badai ini belum tiba,” kata NWS di Spokane, Washington.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

“Salju tebal (1-2+ kaki) diperkirakan terjadi hingga Jumat di seluruh Cascades dan Northern Rockies yang akan menyebabkan perjalanan berbahaya,” lanjut NWS, dikutip dari Anadolu Agency, Kamis, 18 Januari 2024.

Dia menambahkan bahwa es setinggi seperempat inci dapat melapisi tanah di Portland, Oregon.

Peringatan cuaca diberlakukan di negara bagian selatan seperti Mississippi, Florida dan Tennessee serta negara bagian di timur laut seperti New York, Connecticut dan Maine.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan salju akibat danau akan terus berlanjut di Mississippi, sementara tornado melanda di Florida.

Di Tennessee, 10 juta penduduk diminta menghemat energi untuk mencegah pemadaman listrik karena suhu mendekati di bawah nol karena angin dingin.

Badai salju di Nashville, Tennessee, AS

Photo :
  • AP Photo/George Walker IV

NWS mengatakan New York dan Connecticut akan mengalami salju setebal 5 inci (12 sentimeter) pada hari Jumat, 19 Januari 2024  Buffalo, New York telah mengalami curah salju setinggi 30 inci (76 sentimeter) dan diperkirakan akan mencapai dua kali lipat dalam 24 hingga 48 jam ke depan.

Maine juga bersiap menghadapi hujan salju tambahan serta peringatan banjir dan ledakan Arktik diperkirakan akan membawa kemungkinan suhu angin dingin di bawah nol derajat.

Badai musim dingin telah menyebabkan kekacauan di jalan raya dengan truk semi terbalik dan kecelakaan lalu lintas akibat hujan salju lebat dan kondisi jalan yang tertutup es.

Selain itu, lebih dari 10.000 penerbangan telah ditunda dengan hampir 3.000 pembatalan sejauh ini, dan diperkirakan akan ada lebih banyak penundaan dan pembatalan karena badai terus mendatangkan malapetaka hingga akhir minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya