Perluas Serangan, Israel Tembakan Rudal ke RS di Lebanon

Israel dan Hizbullah saling hantam di selatan Lebanon
Sumber :
  • Video Aljazeera

LebanonIsrael melakukan serangkaian serangan di Lebanon selatan, pada Minggu, 21 Januari 2024, yang menargetkan sebuah mobil yang membawa pejuang Hizbullah dan mengebom pusat kesehatan yang berafiliasi dengan Hizbullah. Serangan ini menewaskan dua orang dan melukai sembilan lainnya.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Menurut departemen media Hizbullah, setidaknya satu ambulans tidak dapat digunakan setelah serangan Israel terhadap pusat kesehatan di Kafrkila, Lebanon selatan.

VIVA Militer: Ledakan di utara Israel usai serangan roket Hizbullah

Photo :
  • bbc.com
Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Ini adalah kedua kalinya Israel menyerang pusat kesehatan Hizbullah sejak pertempuran lintas batas antara Hizbullah dan Israel dimulai pada 8 Oktober 2023, setelah serangan mendadak Hamas di Israel selatan sehari sebelumnya.

Hizbullah juga mengumumkan kematian pejuang Fadel Shaar, yang posisinya di partai tersebut tidak disebutkan, dalam sebuah pengumuman kemarin.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Pemboman hari Minggu terjadi setelah serangkaian serangan yang dilakukan Israel di Lebanon selatan pada tahun baru.

Strategi ini merupakan perubahan dari tiga bulan sebelumnya, di mana Israel akan melakukan serangan artileri dan udara secara luas dibandingkan menargetkan anggota tertentu dari kepemimpinan Hizbullah dan Hamas.

Kampanye baru berupa pembunuhan yang ditargetkan tidak sesuai dengan aturan keterlibatan yang lama, yang umumnya membatasi serangan dalam jarak 3 kilometer dari perbatasan Israel-Lebanon.

Sebelumnya, Israel juga melakukan serangan pada hari Sabtu, 20 Januari 2024, dan menewaskan seorang komandan senior Hizbullah di timur kota Sour.

VIVA Militer: Serangan roket milisi Hizbullah Lebanon ke Israel

Photo :
  • israelhayom.com

Kemudian, pada 2 Januari, sebuah pesawat tak berawak Israel menyerang pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Beirut, dan menewaskan Salah al-Arouri, kepala sayap militer Hamas.

Namun, meskipun kerugian tersebut menimbulkan dampak kemanusiaan, kemungkinan besar kerugian tersebut tidak akan melumpuhkan kapasitas militer kelompok Lebanon.

“Hizbullah dibangun berdasarkan struktur organisasinya, bukan berdasarkan kepribadian individu. Pembunuhan ini tidak akan berdampak pada kemampuan tempurnya,” kata purnawirawan Brigadir Jenderal Lebanon Amin Hoteit, dikutip dari The New Arab, Selasa, 23 Januari 2024.

Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, mengatakan bahwa setiap serangan Israel akan mendapatkan tanggapannya. Namun, sejauh ini ia tidak menyerukan perang yang lebih luas dengan Israel.

Sebagai informasi, Hizbullah telah menyerang sasaran-sasaran Israel yang lebih sensitif sebagai pembalasan atas serentetan pembunuhan, dengan menargetkan pangkalan kendali udara di Israel utara pada 6 Januari untuk pertama kalinya.

Mereka sendiri tidak melakukan pembunuhan yang ditargetkan, karena tidak memiliki angkatan udara yang digunakan Israel untuk membunuh para pemimpin Hizbullah di Lebanon.

Menurut Kassem Kassir, seorang analis politik yang dekat dengan kelompok Lebanon, peralihan Israel ke pembunuhan yang ditargetkan tidak mempengaruhi strategi militer kelompok tersebut sampai sekarang.

Namun, Kassir mencatat bahwa segala sesuatu mungkin terjadi, dan bergerak maju.

Meskipun pertempuran antara Israel dan Hizbullah awalnya dimulai setelah Hizbullah meluncurkan rudal sebagai solidaritas dengan Hamas, pertempuran di perbatasan secara bertahap menjadi terpisah dari operasi militer Israel di Gaza.

Para pejabat Israel sejak itu mengatakan bahwa Hizbullah tidak cukup hanya menghentikan peluncuran roket di Israel utara, namun mereka harus menarik diri dari utara sungai Litani, sekitar 30 kilometer dari perbatasan.

AS mengirim Amos Hoschstein, seorang diplomat penting yang bertugas menjadi penengah antara Israel dan Lebanon. Dia pergi ke Beirut pada 11 Januari, dengan usulan agar Hizbullah mundur hanya 7 kilometer dari perbatasan untuk mengurangi ketegangan.

Sebagai imbalannya, Israel akan menawarkan konsesi pada titik-titik perbatasan yang disengketakan antara kedua negara.

Namun, Hizbullah mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukan negosiasi apa pun dengan Israel sampai ada gencatan senjata di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya