Presiden Turki Erdogan Luluh! Resmi Izinkan Swedia Gabung NATO

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • middleeastmonitor.com

VIVA Dunia – Parlemen Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya telah memberikan persetujuan yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai keanggotaan Swedia di NATO.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Hal ini berarti semakin membawa negara Nordik itu kian dekat untuk bergabung dengan aliansi militer barat setelah berbulan-bulan berada dalam ketidakpastian.

Tiga bulan setelah Erdogan mengajukan rancangan undang-undang tentang persetujuan keanggotaan parlemen, para anggota parlemen memberikan suara untuk mendukung ratifikasi rancangan undang-undang tersebut pada Selasa malam.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Suasana saat Parlemen Hongaria mulai memperdebatkan ratifikasi keanggotaan NATO Finlandia dan Swedia di Budapest, Hongaria, Rabu (1/3/2023).

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Bernadett Szabo/as/am.

Setelah debat yang berlangsung selama empat jam, 287 dari 346 anggota parlemen memilih Ya, 35 Menolak dan sisanya Abstain. Erdogan diperkirakan akan menandatangani RUU tersebut menjadi undang-undang dalam beberapa hari mendatang.

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, bereaksi cepat terhadap berita tersebut, dengan mengatakan: “Hari ini kita selangkah lebih dekat untuk menjadi anggota penuh NATO. Positif bahwa Majelis Umum Agung Türkiye telah memberikan suara yang mendukung aksesi Swedia ke NATO.”

Tobias Billstrom, Menteri Luar Negeri Swedia, mengatakan pemungutan suara tersebut adalah hal yang baik, namun pemerintah kini menunggu presiden Turki untuk menandatangani ratifikasi dan mengirimkannya. “Tentu saja kami belum menyelesaikan prosesnya sampai hal itu terjadi di pihak Turki,” katanya kepada stasiun televisi Swedia SVT, melansir The Guardian, Rabu, 24 Januari 2024.

Persetujuan Turki menjadikan Hungaria sebagai satu-satunya negara yang masih meratifikasi keanggotaan Swedia.

Sebelumnya pada hari Selasa, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orbán, mengisyaratkan kemajuan dengan mengundang Kristersson berkunjung untuk melakukan negosiasi mengenai pertanyaan tersebut.

Dalam sebuah surat, ia menulis: “Saya percaya bahwa dialog yang lebih intensif dapat berkontribusi untuk memperkuat kepercayaan antara negara dan lembaga-lembaga kita sehingga memungkinkan untuk lebih memperkuat pengaturan politik dan keamanan kita.”

Seorang juru bicara Kristersson mengatakan mereka belum memberikan komentar apa pun mengenai undangan tersebut untuk saat ini, namun Billström mengatakan bahwa sebelum menanggapinya, pemerintah perlu “memikirkan terlebih dahulu apa isyarat dari surat tersebut”.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Seperti diketahui, Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO pada Mei 2022, bersamaan dengan Finlandia, dalam perubahan bersejarah dalam kebijakan keamanannya yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari itu.

Presiden Finlandia yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, Sauli Niinisto, mengucapkan selamat kepada Swedia, dengan menulis di X, sebelumnya Twitter, dalam bahasa Swedia: “Saya sangat senang dengan suara parlemen Turki yang meratifikasi keanggotaan Swedia di NATO. Keanggotaan Swedia akan meningkatkan keamanan di kawasan Baltik dan menjadikan keseluruhan aliansi lebih kuat. Ketika Swedia menjadi anggota, keanggotaan Finlandia juga akan selesai.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya