Eks Menteri Keuangan Malaysia Didakwa Karena Tidak Laporkan Aset

Mantan Menkeu Malaysia, Daim Zainuddin (Doc: CNA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Kuala Lumpur – Mantan Menteri Keuangan Malaysia Daim Zainuddin didakwa, pada Senin, 29 Januari 2024, karena tidak mematuhi pelaporan aset, berdasarkan undang-undang antikorupsi di negara tersebut, di tengah tindakan keras terhadap korupsi yang melibatkan tokoh politik dan bisnis terkemuka.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Aset tersebut dikatakan mencakup 38 perusahaan dan 25 properti di Kuala Lumpur, Selangor, Pahang, Negeri Sembilan, Perak dan Kedah, serta beberapa kendaraan mewah termasuk sebuah Rolls Royce, tiga Mercedes Benz, dan sebuah Jaguar.

Meski demikian, Daim, sekutu utama mantan perdana menteri Mahathir Mohamad, mengaku tidak bersalah.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Bendera Malaysia.

Photo :
  • Pixabay

Jika terbukti bersalah, ia menghadapi hukuman penjara maksimal lima tahun dan denda hingga US$20.000 atau setara dengan Rp316,5 juta.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Pria berusia 85 tahun, yang menjabat sebagai menteri keuangan dari tahun 1984-1991 dan dari tahun 1999-2001, memasuki pengadilan pada hari Senin dengan menggunakan kursi roda dan pengacaranya menyebutkan masalah kesehatan ketika meminta jaminan.

“Saya memahami dakwaan, menyatakan tidak bersalah dan menuntut sidang,” ujarnya di hadapan Hakim Azura Alwi.

Dia juga diberi jaminan sebesar RM280,000.

Pengacara Daim, M Puravalen, mengatakan kliennya mengalami gangguan ginjal dan menderita stroke ringan.

“Dia menderita infeksi jamur di matanya, yang menyebabkan salah satu matanya harus diangkat. Praktis dia tidak bisa tinggal di rumah,” tambahnya, dikutip dari Channel News Asia.

Kuasa hukumnya tersebut juga meminta agar kliennya tidak dikenakan syarat jaminan tambahan.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, yang berkampanye dengan platform reformis, telah berjanji untuk memberantas korupsi tingkat tinggi, namun menghadapi tuduhan menggunakan lembaga anti-korupsi negara tersebut untuk menargetkan saingan politik.

Anwar mengatakan dia tidak ikut campur dalam penyelidikan badan tersebut.

Setelah didakwa, Daim mengatakan dalam konferensi pers bahwa pemerintahan Malaysia saat ini menyalahgunakan kekuasaannya, sekaligus mengkhianati semua janji reformasi.

"Saya tidak terlalu ambil pusing dengan nasib saya sekarang, biarlah Anwar menyerahkan segalanya kepada saya,” ucapnya.

“Tetapi saya mengkhawatirkan nasib negara saya.”

Seorang suporter membentangkan bendera Malaysia

Photo :
  • (AFP/MLADEN ANTONOV)

Daim juga didakwa menyusul penyelidikan yang dilakukan MACC terhadap mantan menteri tersebut berdasarkan informasi yang terkandung dalam Pandora Papers, kebocoran besar-besaran catatan keuangan pada tahun 2021 yang mengungkapkan aset luar negeri yang dimiliki oleh politisi dan tokoh masyarakat di seluruh dunia.

MACC pun bulan lalu menyita Ilham Tower, sebuah gedung 60 lantai di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, sebagai bagian dari penyelidikan terhadap Daim.

Istri Daim, Na'imah, juga didakwa di pengadilan pekan lalu karena tidak mengungkapkan asetnya kepada komisi antirasuah.

Daim menggambarkan penyelidikan terhadap dirinya sebagai perburuan politik, yang dipimpin oleh lembaga anti-korupsi dan Anwar, yang menggantikannya sebagai menteri keuangan pada tahun 1991.

MACC juga mengatakan bulan lalu bahwa mereka telah bertindak independen sesuai hukum ketika membuka penyelidikan terhadap Daim pada Februari 2023.

Anwar dan Mahathir telah terlibat dalam persaingan selama puluhan tahun yang menyebabkan Anwar, yang pernah menjadi anak didik negarawan senior, dipenjara karena sodomi dan korupsi, tuduhan yang menurutnya bermotif politik.

Anwar juga diampuni dan menjadi perdana menteri pada tahun 2022, setelah lebih dari dua dekade menjadi pemimpin oposisi, dan berjanji untuk memerangi korupsi dan fokus pada perekonomian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya