"Air Sarko One", Jet Khusus Presiden Prancis

Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy
Sumber :
  • AP Photo/Evan Vucci

VIVAnews - Impian Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, untuk memiliki jet kepresidenan pribadi dan menandingi pesawat kepresidenan Amerika Serikat Air Force One akan segera terwujud.

Jet "Air Sarko One", pesawat bernilai 150 juta pound sterling yang dilengkapi ruang tidur, sistem penyaring udara agar Sarkozy bisa merokok, dan shower kini sedang menjalani uji terbang pertama.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, Minggu, 1 Juli 2010, uji coba pesawat Airbus A330-200 tersebut  dilakukan di Bordeaux, barat daya Prancis, dengan semua uji perlengkapan akan selesai pada Oktober mendatang.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Di dalam pesawat itu akan terdapat ruang rapat berkapasitas 12 orang, tempat duduk kelas bisnis sebanyak 60 buah, sistem komunikasi canggih, rangka badan pesawat yang lebih kuat, dan sistem pengumpan peluru.

Telah sekian lama Sarkozy iri hati pada fasilitas mewah yang dimiliki Presiden Barack Obama untuk terbang ke berbagai negara menggunakan pesawat Boeing 747-200B. Suami mantan supermodel Carla Bruni itu juga sering mengeluhkan kondisi dua pesawat Airbus A319 yang digunakan sekarang karena dianggapnya kurang memenuhi standar seorang pemimpin negara.

Pesawat "Air Sarko One", yang oleh staf-stafnya juga disebut "Air Carla One" merujuk pada nama Carla Bruni, akan memiliki lebar sayap dengan ukuran dua kaki lebih lebar dibanding model AS. Beredar kabar pula yang menyebutkan kalau Sarkozy menginginkan sebuah bathtub kepresidenan di dalam pesawat.

Namun, Sarkozy diperingatkan bahwa bathtub yang dia inginkan bisa menimbulkan masalah saat pesawat sedang mengalami turbulensi.

Belanja pesawat Sarkozy ini membuat heran warga Eropa di tengah pengekangan anggaran sejumlah negara Eropa. Namun, juru bicara pemerintah Prancis kemarin berusaha mendinginkan suasana.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Luc Chatel, juru bicara pemerintah mengatakan, "Tidak ada niat ingin pamer, ini hanya keinginan untuk memiliki fasilitas yang sesuai untuk negara terkuat kelima di dunia," katanya. (hs)

Ibu menyusui

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Menjaga keseimbangan nutrisi dan asupan makanan sangat penting bagi ibu menyusui. Karena kualitas dan kuantitas ASI (Air Susu Ibu) dapat dipengaruhi beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024