5.5 Ton Air Terkontaminasi Radioaktif Bocor dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima

Pekerja di pabrik pembuangan limbah nuklir Fukushima. Jepang
Sumber :
  • CNA

Jepang – Air yang mengandung radioaktif tinggi dikabarkan telah bocor dari mesin pengolahan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, namun tidak ada yang terluka dan pemantauan radiasi tidak menunjukkan dampak terhadap lingkungan luar, kata operator penanggung jawab. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Seorang pekerja pabrik menemukan kebocoran tersebut pada Rabu pagi waktu Jepang saat pemeriksaan katup di mesin perawatan SARRY yang dirancang untuk menghilangkan cesium dan strontium dari air yang terkontaminasi, kata Tokyo Electric Power Company Holdings (TEPCO), melansir NHK World, Jumat, 9 Februari 2024.

Diperkirakan 5,5 metrik ton air radioaktif bocor melalui ventilasi udara, meninggalkan genangan air di pelat besi di luar dan merembes ke dalam tanah di sekitarnya, kata TEPCO. Tetapi tidak ada air radioaktif yang lolos dari kompleks tersebut. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi dilihat dari Futabacho, Futabagun, Prefektur Fukushima, Jepang.

Photo :
  • Xinhua/Zhang Xiaoyu.

Air yang bocor mengandung radioaktif 10 kali lebih banyak dari batas yang boleh dilepaskan secara hukum. Genangan air telah dibersihkan dan tanah yang terkontaminasi telah dibersihkan, kata juru bicara TEPCO Kenichi Takahara. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Tidak jelas kapan mesin tersebut mulai bocor, namun TEPCO mengatakan tidak ada masalah yang terdeteksi dalam pemeriksaan pada hari Selasa. 

Kebocoran tersebut mungkin disebabkan oleh katup yang dibiarkan terbuka saat pekerja menyiram mesin dengan air yang telah disaring, sebuah proses yang dimaksudkan untuk mengurangi tingkat radiasi sebelum pekerjaan pemeliharaan, kata Takahara. 

TEPCO mengatakan 10 dari 16 katup udara yang seharusnya ditutup dibiarkan terbuka selama pembilasan, dan kebocoran berhenti ketika katup ditutup. 

Tingkat radiasi di sekitar pabrik dan di dalam selokan di kompleks tersebut tidak menunjukkan peningkatan, lanjutnya. 

Takahara meminta maaf atas kebocoran tersebut, dan mengatakan bahwa TEPCO berkomitmen untuk menyelidiki sepenuhnya dan mengambil tindakan pencegahan. Dia mengatakan perusahaannya berjanji untuk mengutamakan keselamatan dalam penutupan pabrik dan menangani air dan pembuangan yang terkontaminasi “dengan tingkat kewaspadaan maksimum.”

Mesin penyaringan ini merupakan bagian dari proyek pembuangan air limbah kontroversial TEPCO, yang dimulai pada bulan Agustus. 

Pekerja di pabrik pembuangan limbah nuklir Fukushima. Jepang

Photo :
  • CNA

Pembangkit listrik Fukushima Daiichi mengalami tiga kali kerusakan setelah gempa dan tsunami tahun 2011. Pembuangan tersebut, yang diperkirakan akan terus berlanjut selama beberapa dekade, mendapat tentangan keras dari kelompok nelayan dan negara-negara tetangga, termasuk China, yang segera melarang impor semua makanan laut Jepang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya