Iran Deklarasikan Bahwa Benua Antartika Kini Milik Mereka

Iran klaim Antartika
Sumber :

Iran – Komandan Angkatan Laut Republik Islam Iran mengumumkan dalam siaran televisi negara bahwa rezim mereka kini memiliki Antartika dan akan membangun operasi militer di Kutub Selatan. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Kami mempunyai hak kepemilikan di Kutub Selatan. Kami berencana untuk mengibarkan bendera kami di sana dan melakukan pekerjaan militer dan ilmiah,” kata Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Shahram Irani, menurut terjemahan Institut Penelitian Media Timur Tengah (MEMRI), melansir Fox News, Jumat, 16 Februari 2024.

Tindakan angkatan laut Iran memang semakin menarik perhatian dunia, apalagi saat merespon milisi dukungan Iran yang membunuh tiga tentara AS di Yordania bulan lalu. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Presiden terpilih Iran, Ebrahim Raisi.

Photo :
  • Istimewa

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, saat melakukan wawancara dengan Fox News, sempat membahas mengenai pencairan dana Iran sebesar $6 miliar yang disimpan Amerika di Qatar baru-baru ini, apakah dapat digunakan oleh Iran untuk mendirikan pangkalan di Antartika. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

"Tidak. Dana Iran yang disimpan di Qatar tidak boleh digunakan untuk kegiatan apa pun di Antartika,” jawab juru bicara tersebut.

“Dana tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli barang-barang kemanusiaan, yaitu makanan, obat-obatan, peralatan medis, dan produk pertanian," lanjutnya. 

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, yang dijatuhi sanksi oleh mantan Presiden Trump atas perannya dalam dua pembantaian pembangkang dan pengunjuk rasa Iran, membantah pembatasan penggunaan dana sebesar $6 miliar yang dilakukan pemerintahan Biden. 

Raisi mengejek Gedung Putih yang dipimpin Biden, dengan menyatakan bahwa rezimnya akan menggunakan suntikan dana tunai dalam jumlah besar “di mana pun kami membutuhkannya.” 

"Rencana Iran di masa depan untuk mencoba memperluas kehadiran dan pengaruh militernya ke Antartika tidak hanya akan melanggar konvensi multilateral mengenai masalah ini, namun juga melanjutkan tren agresi rezim di seluruh dunia,” kata Yonah Jeremy Bob seorang analis militer dan intelijen senior.

Dataran Tinggi Antartika Timur.

Photo :
  • Wayne/Adobe

Klaim kepemilikan Iran atas Antartika tentu merupakan ancaman nyata terhadap Perjanjian Antartika tahun 1959, yang ditandatangani oleh dua belas negara konsultatif awal. 

Perjanjian tersebut berisi pernyataan bahwa Antartika akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan damai dan ilmiah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya