Baru Launching Langsung Sangar, Jet Tempur Generasi Kelima Turki Terbang Perdana

Jet KAAN Turki
Sumber :
  • Sabah Daily

Turki – Pada hari Rabu, 21 Februari 2024 kemarin, Turki menyaksikan tonggak sejarah baru dalam industri pertahanannya dengan penerbangan perdana jet tempur buatan dalam negeri pertama di negara itu.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Hal ini merupakan bagian dari upaya negara tersebut untuk memperkuat angkatan udaranya dan mengekang ketergantungannya pada negara asing.

Melansir Sabah Daily, Kamis, 22 Februari 2024, Jet tempur generasi kelima, bernama KAAN, lepas landas Rabu pagi, terbang sebentar dan  kembali ke pangkalan udara di utara Ankara, menurut video yang dibagikan oleh pengembang Turkish Aerospace Industries (TAI).

Intip Kecangihan Jet Tempur Sukhoi SU 35 Rusia yang akan Dikirimkan ke Iran

KAAN Jet Tempur Turki

Photo :
  • Sabah Daily

“Kami mengalami salah satu hari yang membanggakan bagi industri pertahanan Turki. Pesawat tempur buatan kami, KAAN, berhasil menyelesaikan penerbangan pertamanya hari ini. Turki melewati ambang batas kritis lainnya dalam memproduksi jet tempur generasi kelima,” kata Erdogan pada sebuah acara di wilayah barat. Provinsi Afyonkarahisar.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Presiden menambahkan bahwa jet tempur Turki mulai mengudara meskipun orang-orang dengan santai membandingkan bagian-bagian tersebut dengan radiator dan mencoba untuk menyabotase proyek tersebut.

Turki, anggota NATO,  meluncurkan proyek TF-X pada tahun 2016 untuk memproduksi jet tempur dalam negeri.

Pada tahun 2017, TAI menandatangani kontrak senilai $125 juta dengan BAE Systems Inggris  untuk mengembangkan jet tempur generasi berikutnya.

Direktur TAI Temel Kotil mengatakan Khan tetap mengudara selama 13 menit, mencapai kecepatan 230 knot di ketinggian 8.000 kaki.

Sebelumnya, para insinyur melakukan uji kursi peluncuran KAAN, uji statik jarak penuh, uji statik permukaan kontrol, uji roda pendaratan, uji sistem avionik, uji bahan bakar, uji start mesin, dan uji roll.

Jet tersebut, yang diluncurkan tahun lalu,  dianggap sebagai proyek Turki yang paling ambisius  hingga saat ini.Jet tempur tersebut melakukan debut di landasan pacu dan menyelesaikan uji terbang pertamanya setelah menghidupkan mesinnya untuk pertama kali pada pertengahan Maret tahun lalu.

Tujuannya adalah untuk menggantikan armada F-16 yang sudah tua dalam inventaris Komando Angkatan Udara, yang dijadwalkan akan dihapuskan mulai tahun 2030-an.

Jet tempur baru ini awalnya akan ditenagai oleh dua mesin General Electric F-110, yang juga digunakan pada jet Lockheed Martin F-16 generasi keempat. Jet tersebut akan menjadikan Turki salah satu dari sedikit negara yang memiliki infrastruktur dan teknologi untuk memproduksi pesawat tempur generasi kelima.

Turki baru-baru ini mendapatkan kesepakatan untuk pengadaan 40 jet tempur F-16 dan 79 perlengkapan modernisasi untuk F-16 yang ada dari Amerika Serikat setelah proses yang lama tertunda.

Awalnya mereka berupaya untuk membeli jet tempur F-35 yang lebih canggih milik Lockheed Martin, namun AS menghapusnya dari program multinasional untuk membeli, dan membantu mengembangkan dan membangun pesawat perang tersebut pada tahun 2019 setelah mereka memperoleh S-400 dari Rusia.

 Pesawat tempur baru ini awalnya akan ditenagai oleh dua mesin General Electric F-110, yang juga digunakan pada jet Lockheed Martin F-16 generasi keempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya