20 Orang Tewas, Akibat Tambang Emas di Venezuela Selatan Runtuh

Ilustrasi Tambang emas tradisional di Mali
Sumber :
  • AP Photo/Baba Ahmed

VIVA – Sebuah tambang emas ilegal runtuh di hutan belantara Venezuela selatan, menewaskan sekitar 20 orang saat pencarian korban terus dilakukan, kata pihak berwenang pada Rabu, 21 Februari 2024.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Insiden tersebut terjadi pada hari Selasa, 20/02/2024 di tambang Bra Roca di negara bagian Bolívar, tujuh jam perjalanan dengan perahu dari kota terdekat La Paragua, di mana  pihak keluarga  menunggu kabar tersebut dengan cemas.

Walikota Angostura Yorgi Arciniega mengatakan kepada AFP pada Rabu malam bahwa sekitar 23 jenazah telah ditemukan,  15 di antaranya tiba  di La Paragua dengan perahu dan sekitar delapan lainnya dalam perjalanan. Wakil Menteri Perlindungan Sipil Carlos Perez Ampueda merilis video di X (Twitter) kejadian tersebut, Para pejabat mengatakan sekitar 200 orang bekerja di tambang tersebut.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • Pixabay

Video  menunjukkan puluhan orang bekerja di perairan dangkal sebuah tambang terbuka ketika tembok tanah perlahan-lahan runtuh di atas mereka..Di laporkan ada yang berhasil lolos, ada pula yang  tenggelam. Walikota Arciniega sebelumnya mengatakan 15 orang terluka, dan pada Rabu sore empat orang  dibawa dengan perahu ke La Paragua  untuk  perawatan.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Menteri Keamanan Sipil negara bagian Bolivar Edgar Colina Reyes mengatakan korban luka dibawa ke rumah sakit di Ciudad Bolivar, ibu kota negara bagian tersebut, empat jam perjalanan dari La Paragua,  750 kilometer (460 mil) tenggara  ibu kota Caracas.

Beberapa kerabat yang putus asa menunggu di pinggir pantai untuk mendengar kabar dari para pencari nafkah tersebut. Seorang wanita yang sedang menunggu kabar tentang  ayah mertuanya, ayah tiga anak, mengatakan kepada AFP: "kami meminta mereka untuk membantu mengangkut korban luka dengan helikopter"

Reyes mengatakan militer, pemadam kebakaran dan organisasi lain terbang ke daerah tersebut untuk menilai situasi. Tim penyelamat juga diberangkatkan dari Caracas untuk membantu pencarian.

"Kami menilai kerusakan dan melakukan analisis penyelamatan," tambah Ampueda.
  
Desember  lalu, sedikitnya 12 orang tewas ketika sebuah ranjau darat runtuh di desa adat Ikabar di wilayah yang sama.
Wilayah Bolivar kaya akan emas, berlian, besi, bauksit, kuarsa, dan coltan. Selain pertambangan milik negara, industri pertambangan ilegal juga sedang ramai.

"Ini pasti akan terjadi," kata penduduk Robinson Basanta kepada AFP tentang kondisi kerja yang tidak aman bagi para penambang, yang sebagian besar tinggal dalam kemiskinan ekstrem.

"Tambang ini telah menghasilkan banyak emas... Orang pergi ke sana karena kebutuhan, untuk mengais nafkah," katanya.

Aktivis mengecam ekosida di daerah tersebut dan eksploitasi anak-anak yang bekerja dalam waktu yang lama tanpa perlindungan.

Dalam setahun terakhir, Angkatan Bersenjata Venezuela telah mengusir sekitar 14.000 penambang ilegal dari Taman Nasional Yapacana di negara bagian tetangga Amazon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya