Tewaskan 23 Orang di Venezuela, Tambang Emas yang Hancur Ternyata Tambang Illegal

Tambang emas illegal Venezuela yang runtuh
Sumber :
  • CBS News

Venezuela – Lebih dari 20 orang tewas ketika sebuah tambang emas runtuh di hutan Venezuela selatan, kata para pejabat dan hingga kini masih dilakukan pencarian korban di antara reruntuhan.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Insiden itu terjadi pada hari Selasa siang menjelang sore di sebuah area tambang bernama "Bulla loca" di negara bagian Bolivar, tujuh jam perjalanan dengan perahu dari kota terdekat, La Paragua.

Yorgi Arciniega, Wali Kota Angostura, mengatakan bahwa sekitar 23 jenazah telah ditemukan, termasuk 15 jenazah yang tiba dengan perahu di La Paragua dan sekitar delapan jenazah lainnya masih dalam perjalanan, melansir CBS News, Kamis, 22 Februari 2024.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Tambang emas illegal Venezuela yang runtuh

Photo :
  • India Today

Diketahui, bahwa tambang emas Venezuela tersebut beroperasi tidak dengan resmi atau illegal, yang membuat pemerintah hingga kini masih bingung untuk memberi pertanggungjawaban kepada keluarga korban.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Wakil Menteri Perlindungan Sipil Carlos Perez Ampueda memublikasikan video insiden di X (sebelumnya Twitter), dan menyebutkan jumlah korban yang "sangat besar", meski tidak menyebutkan jumlahnya. Sekitar 200 orang diperkirakan bekerja di tambang tersebut, menurut para pejabat.

Video tersebut menunjukkan puluhan orang bekerja di perairan dangkal sebuah tambang terbuka ketika dinding tanah perlahan-lahan runtuh menimpa mereka. Beberapa berhasil melarikan diri sementara yang lain tak sempat melarikan diri dan tertimpa reruntuhan.

Sekretaris Keamanan Warga Negara Bagian Bolivar, Edgar Colina Reyes, mengatakan militer, pemadam kebakaran, dan organisasi lain "bergerak ke daerah tersebut melalui udara" untuk mengevaluasi situasi.

Tim penyelamat juga diterbangkan dari Caracas untuk membantu pencarian. “Kami sedang mengevaluasi kerusakan dan melakukan analisis penyelamatan,”

Pada bulan Desember tahun lalu, setidaknya 12 orang tewas ketika sebuah tambang di komunitas Pribumi Ikabaru, di wilayah yang sama, runtuh.

Tambang emas illegal Venezuela yang runtuh

Photo :
  • CBS News

Wilayah Bolivar kaya akan emas, berlian, besi, bauksit, kuarsa, dan coltan. Selain pertambangan negara, terdapat juga industri ekstraksi ilegal yang sedang booming.

“Ini pasti terjadi,” kata seorang warga, Robinson Basanta mengenai kondisi kerja yang tidak aman bagi para penambang, yang sebagian besar hidup dalam kemiskinan ekstrem. “Tambang ini telah menghasilkan banyak emas. Orang-orang pergi ke sana karena kebutuhan, untuk memenuhi kebutuhan hidup,” katanya.

Para aktivis mengecam “pembunuhan lingkungan” di wilayah tersebut dan eksploitasi anak-anak yang bekerja berjam-jam tanpa perlindungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya