Bantah Menterinya Temui Pejabat Israel di Abu Dhabi, Arab Saudi Bilang Begini

Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi (Doc: MEE)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

RiyadhArab Saudi pada hari Senin, 25 Februari 2024, membantah laporan media Israel bahwa seorang menteri Saudi bertemu dengan seorang pejabat Israel di sela-sela konferensi di Abu Dhabi.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Gambar dan video yang beredar menunjukkan Menteri Perdagangan Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi bersama menteri ekonomi dan industri Israel pada pertemuan puncak Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Abu Dhabi.

Bendera Israel.

Photo :
  • Atalayar
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Hal ini disusul dengan laporan media Israel yang mengklaim bahwa keduanya membahas perdamaian antara Arab Saudi dan Israel.

Namun, sumber resmi Saudi menolak klaim Israel dan mengatakan bahwa seseorang mendekati menteri Saudi saat dia berdiri bersama seorang menteri Nigeria.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

“Orang tersebut (menteri Israel) menjabat tangan (menteri Saudi) dan kemudian diperkenalkan, tanpa sepengetahuan (Al-Qasabi) sebelumnya,” kata sumber tersebut dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Selasa, 26 Februari 2024.

Sumber tersebut menegaskan kembali posisi Riyadh terhadap masalah Palestina dan dukungan teguh Arab Saudi terhadap rakyat Palestina dalam menghadapi agresi Israel.

Salah satu media Israel mengunggah foto keduanya dan menggunakan judul, “Menteri Israel dan Menteri Saudi berjabat tangan untuk berdiskusi ‘membuat sejarah bersama.’”

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist

Israel tidak merahasiakan harapannya untuk menormalisasi hubungan dengan Arab Saudi. Namun, negara tersebut telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukan hal tersebut sampai ada (kemerdekaan bagi) negara Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya