Ternyata Hanya Ada 1 Orang Peraih Jenderal Bintang 6 di Dunia, Sisanya Bintang 5

John Joseph Pershing Peraih Jenderal Bintang 6
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jakarta – Rupanya hanya ada 1 orang saja di dunia ini yang berhasil meraih pangkat jenderal bintang 6 dan sisanya hanya meraih pangkat jenderal bintang 5. Dalam dunia militer sendiri, Jenderal Besar atau Jenderal dan Marsekal Bintang Lima merupakan pangkat tertinggi. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pangkat ini dianugerahkan kepada seseorang yang memiliki jasa luar biasa terhadap bangsa dan negaranya. Ternyata, hanya ada delapan orang perwira militer dengan pangkat bintang lima di seluruh dunia, tiga diantaranya berasal dari prajurit TNI dan lima sisanya dari US Army. 

John Joseph Pershing adalah satu-satunya perwira tinggi Amerika Serikat yang dipromosikan menjadi jenderal pasukan. Pershing diketahui lahir pada 13 September 1980 dan menyetujui memilih lencana sendiri. Namun, ia memilih memakai empat emas untuk membedakan dirinya. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

John Joseph Pershing Peraih Jenderal Bintang 6

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jenderal Pershing ini diketahui membawahi 2 jenderal bintang lima. Akhirnya, Angkatan Darat AS secara tidak resmi menganggap Pershing sebagai Jenderal Bintang Enam. Namun sayang, pada 1948 ia meninggal dunia sebelum lencana yang diusulkan bisa dipertimbangkan dan diterima Kongres. 

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Sementara itu, untuk jenderal bintang 5 yang berasal dari Indonesia adalah Jenderal Soedirman yang merupakan tokoh besar tanah air. Soedirman dianugerahi Pangkat Kehormatan Jenderal Besar TNI pada 30 September 1997 dan diberikan hanya prajurit tertentu saja. 

Kemudian, ada pula Jenderal Besar TNI H. M. Soeharto yang merupakan Presiden kedua Indonesia. Ia sempat menjadi pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda sehingga ia dianugerahkan pangkat jenderal bintang lima pada 5 Oktober 1997. 

Masih dari Indonesia, Jenderal Besar A.H Nasution juga menjadi salah satu orang yang berhasil meraih pangkat jenderal bintang lima. Nasution berperan dalam pembebasan Irian Barat dengan menasosialisasikan perusahaan-perusahaan Belanda. 

VIVA Militer: Jenderal Abdul Haris Nasution

Photo :

Berikutnya, jenderal yang berasal dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat adalah Douglas MacArthur yang terkenal dengan kiprahnya sebagai Komandan Tertinggi Sekutu dan strateginya yang ciamik saat Perang Dunia II di Front Pasifik. 

Jenderal Dwight David Eisenhower juga berhasil gelar jenderal bintang lima berkat kebijakan moderat yang membuat AS menjadi negara terkuat, terproduktif dan paling berpengaruh di dunia. Ia juga sempat menjadi komandan tertinggi pasukan sekutu di Eropa Barat. 

Terakhir, Omar Nelson Bradley adalah komandan utama Angkatan Darat Amerika Serikat di Afrika Utara dan Eropa pada Perang Dunia II. Ia adalah Jenderal Angkatan Darat General of the Army dan Jenderal bintang lima terakhir di Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya