Penyanyi Hip Hop Ini Jadi Kandidat Presiden

Wyclef Jean diarak para pendukung usai pencalonan presiden Haiti
Sumber :
  • AP Photo/Ramon Espinosa

VIVAnews - Penyanyi hip hop Wyclef Jean resmi mencalonkan diri sebagai presiden Haiti untuk pemilu akhir November mendatang. Usai mencalonkan diri, Kamis 5 Agustus 2010, Jean langsung diarak para pendukung seperti saat dia melakukan konser.

Jean bertekad membawa Haiti bangkit dari kehancuran akibat gempa bumi Januari lalu sekaligus menyelamatkan rakyat negeri di kawasan Karibia itu dari jurang kemiskinan. "Amerika Serikat punya Barack Obama dan Haiti kini punya Wyclef Jean," sahut Jean. Penyanyi berusia 37 tahun itu memang kelahiran Haiti, namun besar di New York, Amerika Serikat (AS).

"Ini merupakan momen bersejarah dan sangat emosional," kata Jean sambil menggendong putrinya yang berusia 5 tahun.

Mantan personel grup hip hop Fugees ini merasa mantap untuk masuk ke persaingan menjadi presiden Haiti. Dia bakal bersaing dengan sejumlah kandidat, termasuk mantan Perdana Menteri Jacques-Edouard Alexis, yang direstui oleh Presiden yang akan pensiun, Rene Preval.

Namun, siapapun yang menang, calon presiden Haiti bakal mewarisi negara yang berjuang bangkit dari kehancuran akibat gempa bumi, yang menewaskan sekitar 300.000 jiwa. Ibukota Port-au-Prince masih porak-poranda dan 1,6 juta warga berstatus tuna wisma setelah tempat tinggal mereka rata dengan tanah.

Jean merasa percaya diri bisa mendapat dukungan luas dari banyak warga Haiti. Di AS, Jean termasuk penyanyi hip-hop yang populer dan pernah meraih penghargaan musik bergengsi, Grammy Award, bersama The Fugees setelah menerbitkan album laris, "The Score."

Dalam beberapa tahun terakhir, Jean aktif sebagai pegiat kemanusiaan di Haiti, termasuk ikut menggalang dana bagi para korban gempa bumi di negara kelahirannya. 
  
Jean bukan satu-satunya artis yang ikut dalam pemilu presiden Haiti. Ada pula artis lokal populer Michel "Sweet Micky" Martelly yang lebih dulu mencalonkan diri sebagai kandidat presiden. (Associated Press)

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya
Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024