Profil Vladislav Davankov, Kandidat Capres Termuda dan Rival Putin di Pemilu Rusia 2024

Kandidat calon presiden Rusia Vladislav Davankov
Sumber :
  • Kun Yangiliklari

Moskow – Selain Presiden Vladimir Putin yang mencalonkan diri sebagai kandidat independen, terdapat tiga kandidat lainnya yang akan bersaing, yaitu Leonid Slutsky dari Partai Demokrat Liberal (LDPR), Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis, dan Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Perlu diketahui, pada Jumat, 15 Maret 2024 nanti, masyarakat Rusia akan mengadakan pemilihan presiden (pilpres) dengan empat kandidat yang bersaing untuk posisi tersebut.

Mereka akan memilih satu dari empat calon presiden yang telah secara resmi didaftarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Pusat (CEC).

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Vladislav Davankov

Photo :
  • Duma.go.ru

Nah, kali ini VIVA menyajikan profil salah satu kandidat lawan Putin, yaitu Vladislav Davankov. Berikut ulasannya:

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Profil Vladislav Davankov

Lahir di Smolensk, Davankov kemudian pindah ke Moskow, di mana ia lulus dari Universitas Negeri Moskow. Ia lulus pada 2006 dari Fakultas Sejarah. Ayahnya adalah seorang pilot militer.

Setelah lulus, Davankov mulai bekerja di perusahaan penjualan langsung ("Faberlic") yang didirikan oleh Alexey Nechayev. Davankov menapaki jenjang korporat perusahaan hingga menjadi Wakil Presiden perusahaan pada tahun 2013.

Karier Politik

Pada tahun 2020, Nechayev mendirikan partai politik Rakyat Baru, dan menunjuk Davankov sebagai Kepala Komite Eksekutif Pusat.

Pada pemilihan legislatif Rusia 2021, Davankov terpilih menjadi anggota Duma Negara. Ketua Duma Vyacheslav Volodin kemudian menunjuk Davankov sebagai Wakil Ketua, sebuah langkah yang ditetapkan oleh preseden yang menunjukkan bahwa setidaknya ada satu Wakil Ketua yang ditunjuk untuk setiap blok politik

Partai Davankov menentang vaksinasi wajib selama pandemi virus corona 2020-21.

Pada awal invasi Rusia ke Ukraina, New People adalah satu-satunya partai di Duma yang abstain dalam pemungutan suara untuk mengakui Donetsk dan Lugansk sebagai negara bagian yang merdeka dari Ukraina. Dia tetap ditempatkan dalam daftar sanksi Inggris bersama dengan anggota parlemen lainnya.

Kandidat calon presiden Rusia Vladislav Davankov

Photo :
  • Kun Yangiliklari

Di Duma Negara, ia adalah tokoh utama dalam pembuatan undang-undang yang melindungi data online masyarakat.

Setelah Rusia memperkenalkan mobilisasi parsial dalam konteks invasi ke Ukraina, Davankov mengorganisir layanan dukungan bagi mereka yang telah dimobilisasi secara tidak benar dan ilegal, yang menurut partainya "membantu memulangkan ratusan warga Moskow yang dimobilisasi secara ilegal".

Dia juga memperkenalkan undang-undang yang mengizinkan pengusaha dan petani untuk menunda wajib militer, dan bekerja pada inisiatif untuk memungkinkan lulusan sekolah baru-baru ini di universitas untuk juga menunda serta ayah dengan banyak anak dan wali dari orang tua yang sakit.

Undang-undang lain yang dia kerjakan adalah undang-undang untuk menghapuskan denda COVID-19 dan memperpanjang liburan Mei

Ia merupakan seorang Wakil Ketua Duma Negara Rusia sejak 2021. Davankov duduk di Duma Negara dengan kaukus Rakyat Baru yang berorientasi liberal, yang, dengan dia sebagai anggota kunci, adalah satu-satunya partai parlementer yang tidak mendukung kemerdekaan wilayah Donetsk dan Lugansk dari Ukraina pada awal invasi Rusia.

Pada Agustus 2023, Davankov memimpin banding terhadap pelarangan film Barat Barbie dan Oppenheimer, yang telah dilarang untuk ditayangkan di Rusia oleh Kementerian Kebudayaan Rusia karena dianggap "tidak memenuhi nilai-nilai tradisional dan moral Rusia."

Davankov menyarankan agar film tersebut diizinkan untuk ditayangkan, tetapi "lisensi wajib" harus diberikan kepada film dan produk dari "negara-negara yang tidak ramah."Namun, permohonan ini ditolak.

Pada 2023, Davankov tidak berhasil mencalonkan diri dalam pemilihan walikota Moskow, sebuah pemilihan yang terkenal karena penggunaan pemungutan suara elektronik yang kontroversial. Ia memperoleh 5,38% dari hasil resmi.

Pencalon Presiden Rusia 2024

Vladislav Davankov

Photo :
  • Duma.go.ru

Davankov mencalonkan diri sebagai kandidat dalam pemilihan presiden Rusia 2024, dan mengumumkan pada Februari 2024 lalu, ia mendukung dan membawa nilau "perdamaian dan negosiasi" atas perang di Ukraina, serta penghentian sensor yang tidak perlu.

Kremlin dilaporkan berusaha menghentikannya menjadi kandidat karena usianya yang relatif muda, berbeda dengan presiden Rusia Vladimir Putin, yang sudah berusia 71 tahun.

Dengan demikian, ia digambarkan sebagai "kandidat paling liberal dalam pemungutan suara" dan "yang paling mungkin menjadi kandidat alternatif bagi Putin", dengan beberapa jajak pendapat yang menunjukkan bahwa ia berada di posisi kedua di belakang Putin.

Namun, ia juga tercatat pernah mengambil posisi konservatif dalam berbagai isu, seperti memainkan peran penting dalam memperkenalkan RUU untuk membuat transisi gender menjadi ilegal.

Sebagai bagian dari kampanyenya, ia juga menyatakan bahwa ia menentang penggunaan tenaga kerja asing yang murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya