Ketat! Ini 3 Orang yang Akan Jadi Lawan Presiden Vladimir Putin dalam Pilpres Rusia

Kandidat Pemilihan Presiden 2024
Sumber :

Rusia – Masyarakat Rusia akan melakukan pemilihan presiden (pilpres) pada Jumat, 15 Maret 2024 dengan empat kandidat yang akan bersaing. Mereka akan memilih salah satu dari empat calon presiden yang terdaftar secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Pusat (CEC).

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Selain Presiden Vladimir Putin sebagai petahana, yang mencalonkan diri sebagai kandidat independen, kandidat lainnya adalah Leonid Slutsky dari Partai Demokrat Liberal (LDPR), Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis, dan Vladislav Davankov dari partai Rakyat Baru.

Hasil pemungutan suara sudah pasti, Putin diperkirakan akan menang dengan mudah setelah menyingkirkan oposisi. Melansir Moscow Times, Kamis, 14 Maret 2024, berikut empat lawan Putin dalam pilpres 2024:

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Nikolai Kharitonov

Calon kandidat presiden Rusia yang akan melawan Putin, Nikolai Kharitonov

Photo :
  • CTV News
5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Nikolai Kharitonov adalah anggota majelis rendah parlemen Rusia, Duma Negara, yang berusia 75 tahun.

haritonov adalah kandidat resmi Partai Komunis, yang kandidatnya menempati posisi kedua setelah Putin pada setiap pemilu sejak tahun 2000. Kharitonov, yang mana adalah seorang warga Siberia, mencalonkan diri sebelumnya di pemilu tahun 2004 dan memenangkan 13,8%, namun kalah jauh dari suara Putin, yang mendapat 71,91%.

Sebuah lembaga jajak pendapat di negara bagian tersebut mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa sekitar 4% warga Rusia siap memilihnya.

Dalam platform kampanyenya, Kharitonov mengadvokasi penurunan usia pensiun, menaikkan pembayaran pensiun, dan meningkatkan dukungan bagi keluarga besar, dengan mengandalkan pemilih lanjut usia yang secara tradisional mendukung Partai Komunis.

Ia juga menyarankan penerapan sistem pajak progresif serta mengakhiri keanggotaan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Dana Moneter Internasional (IMF,) dan organisasi internasional lainnya yang ia yakini “merusak kedaulatan ekonomi Rusia.”

Kharitonov mendukung apa yang Putin sebut sebagai operasi militer khusus Rusia di Ukraina, namun di masa lalu ia menentang beberapa kebijakan dalam negeri partai Rusia Bersatu yang pro-Putin. Dia mendapat dukungan dari Gennady Zyuganov, pemimpin veteran Partai Komunis berusia 79 tahun, yang juga memiliki banyak pengikut.

Leonid Slutsky

Kandidat calon presiden Rusia Leonid Slutsky

Photo :
  • Moscow Times

Leonid Slutsky yang berusia 56 tahun adalah seorang anggota senior Duma Negara, dan pemimpin Partai Demokrat Liberal Rusia (LDPR) yang ultra-nasionalis.

Ia mengambil alih jabatan sebagai pemimpin tetap partai tersebut setelah pemimpin veteran LDPR, Vladimir Zhirinovsky, meninggal pada tahun 2022.

Slutsky, yang sering tampil di TV pemerintah tempat ia menyuarakan pandangan anti-Barat, berusaha memanfaatkan popularitas mendiang pendahulunya di kalangan masyarakat Rusia dengan berkampanye di Partai Demokrat dengan slogan "Zhirinovsky terus hidup."

Sebuah lembaga jajak pendapat di negara bagian tersebut mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa sekitar 4% warga Rusia siap memilih Slutsky.

Slutsky telah lama memimpin komite urusan internasional parlemen. Dia telah berbicara tentang perlunya Rusia memenangkan perang di Ukraina dan pentingnya menjaga harga pangan tetap rendah.

Pada tahun 2018, sekelompok jurnalis perempuan menuduh Slutsky pernah beberapa kali melakukan pelecehan seksual. Namun, komisi parlemen membebaskan dia dari segala tuduhan.

Vladislav Davankov

Kandidat calon presiden Rusia Vladislav Davankov

Photo :
  • Kun Yangiliklari

Vladislav Davankov adalah wakil ketua majelis rendah parlemen, Duma Negara, dan anggota parlemen dari partai politik Rakyat Baru, yang dibantu oleh ayahnya, seorang pengusaha, pada tahun 2020.

‘Masih’ berusia 40 tahun, Davankov adalah kandidat termuda dan penerima berbagai penghargaan negara, termasuk salah satunya adalah dari Putin. Dia mengatakan dia tidak akan mengkritik lawan politiknya. Slogan kampanye utamanya adalah "Ya untuk perubahan!" dan "Waktunya untuk orang baru!"

Davankov dari partai Rakyat Baru dipandang oleh beberapa ahli dan politisi oposisi sebagai kandidat alternatif untuk pemilih anti-perang setelah kandidat pro-perdamaian Nadezhdin.

Davankov telah mencoba memposisikan dirinya sebagai seseorang yang menentang pembatasan berlebihan terhadap kebebasan pribadi masyarakat dan, dalam konteks politik Rusia, sebagai seseorang yang lebih liberal.

Sebuah lembaga jajak pendapat di suatu negara bagian mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa lebih dari 5% warga Rusia siap memilihnya. Meskipun ia sendiri yang mencalonkan diri sebagai presiden, menganjurkan “kompetisi politik”, sebuah langkah yang oleh beberapa ahli dipandang sebagai upaya untuk menarik pemilih yang anti-perang.

“Masyarakat ingin hidup di negara yang damai,” kata Davankov.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya