5 Negara dengan Waktu Berpuasa Paling Sebentar di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

Jakarta – Sampainya Bulan Ramadhan menandai kedatangan bulan yang dianggap suci bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Bagi mereka yang mampu, kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan merupakan sebuah perintah yang tak terhindarkan. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Praktik ibadah ini dimulai dari terdengarnya adzan Subuh hingga adzan Magrib. Sebelum memulai puasa, umat Islam biasanya mengambil sahur, kemudian berbuka saat terdengar adzan Magrib. Durasi puasa di setiap negara bisa berbeda-beda. 

Beberapa negara mengalami puasa yang sangat panjang, bahkan melebihi 17 jam sehari, seperti yang dialami di Greenland dan Islandia. Di sisi lain, ada negara-negara yang memiliki durasi puasa yang lebih singkat, kurang dari 13 jam sehari. Berikut adalah tiga kota di dunia yang memiliki durasi puasa terpendek berdasarkan data dari Gulf News.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Chile

Gerhana Matahari Total di La Silla Observatory, Chile

Photo :
  • ESO/R. Lucchesi
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Chile, sebuah negara di Amerika Serikat, memegang rekor sebagai negara dengan waktu puasa terpendek di dunia. Umat Muslim di Chile berpuasa mulai pukul 05.31 hingga berbuka puasa pukul 15.00, yang berarti mereka hanya berpuasa selama sekitar 9 jam. Meskipun durasinya singkat, mereka tetap dihadapkan pada kondisi udara kering dan cuaca dingin yang membuat tantangan tersendiri.

2. Argentina

La Boca, Buenos Aires, Argentina.

Photo :
  • Wikimedia/Luis Argerich

Argentina memiliki jumlah populasi Muslim yang relatif sedikit, sekitar 1,9% dari total populasi. Meskipun demikian, suasana Ramadan masih terasa di negara ini. Para Muslim di Argentina juga berpuasa dalam kurun waktu yang singkat, yaitu sekitar 9 jam 37 menit.

Kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Photo :
  • Pixabay

Tetangga Malaysia juga memiliki waktu puasa yang relatif pendek. Durasi puasa di Malaysia sekitar 12 jam, tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun, waktu imsak di sana lebih awal, yaitu sekitar pukul 05.30, sementara waktu berbuka puasa sekitar pukul 19.30.

4. Afrika Selatan

Cape Town, Afrika Selatan

Photo :
  • Unsplash

Afrika Selatan, dibandingkan dengan negara-negara di Asia, memiliki durasi puasa yang singkat, hanya sekitar 10 jam 30 menit. Namun, tantangan tetap ada, terutama karena cuaca yang panas.

5. Kepulauan Komoro

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Kepulauan Komoro, terletak di Samudera Hindia, memiliki jumlah umat Muslim yang signifikan. Alkohol tidak diizinkan masuk ke negara ini. Durasi puasa di Kepulauan Komoro adalah sekitar 12 jam 31 menit. Meskipun demikian, suasana Ramadan di sana tidak terlalu berbeda dengan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya