10 Negara yang Paling Jauh dengan Tuhan, Indonesia Urutan Berapa?

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta – Ucapan terkenal dari filsuf Friedrich Nietzsche yang sering dikutip sebagai "Tuhan telah mati" sering diasosiasikan dengan pandangan menolak keberadaan Tuhan, yang dikenal sebagai ateisme. Namun, konsep ateisme telah ada sejak zaman kuno, bahkan sebelum Masehi, dan terus berkembang hingga saat ini.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pew Research Center's Religious Composition by Country pada tahun 2022 melakukan penelitian untuk melihat sebaran pandangan ateisme di berbagai negara. Organisasi riset berbasis di Amerika Serikat tersebut menganalisis persentase populasi di negara-negara yang mayoritas tidak mempercayai keberadaan Tuhan.

Hasil penelitian ini mengungkapkan daftar negara-negara dengan jumlah populasi yang mayoritas tidak mempercayai adanya kekuatan ilahiah. Sebuah daftar dari 20 negara dengan jumlah ateis terbanyak di dunia disajikan berdasarkan data Pew Research.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Tembok Besar China Palsu di Nanchang

Photo :
  • Istimewa

1. Republik Ceko
Persentase Populasi Ateis: 78,4%

2. Korea Utara
Persentase Populasi Ateis: 71,3%

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

3. Estonia
Persentase Populasi Ateis: 60,2%

4. Jepang
Persentase Populasi Ateis: 60%

Jamia Mosque di Hong Kong.

Photo :
  • Hong Kong Tourism Board (HKTB)

5. Hong Kong
Persentase Populasi Ateis: 54,7%

6. China
Persentase Populasi Ateis: 51,8%

7. Korea Selatan
Persentase Populasi Ateis: 46,6%

8. Latvia
Persentase Populasi Ateis: 45,3%

Amsterdam, Belanda

Photo :
  • unsplash,com

9. Belanda
Persentase Populasi Ateis: 44,3%

10. Uruguay
Persentase Populasi Ateis: 41,5%

Meskipun tidak masuk dalam 10 negara dengan tingkat kepercayaan agama yang paling rendah, Indonesia menunjukkan keberadaan yang signifikan dalam kategori negara-negara yang sangat religius. Hal ini menurut studi yang dilakukan oleh Pew Research Center. 

Dalam studi berjudul 'The Global God Divide', Indonesia menempati peringkat tinggi sebagai negara yang sangat religius. Hasil survei tersebut mengungkap bahwa 96% responden dari Indonesia meyakini bahwa iman kepada Tuhan merupakan prasyarat untuk memiliki moral yang baik, sementara 98% lainnya menyatakan bahwa agama memiliki peran penting dalam kehidupan mereka.

Dalam survei yang sama, Indonesia menempati peringkat ketujuh dalam daftar negara-negara paling religius di dunia menurut Pew Research. Di antara negara-negara yang menduduki peringkat lebih tinggi termasuk Somalia (99,8%), Nigeria (99,7%), Bangladesh (99,5%), Ethiopia (99,3%), Yaman (99,1%), dan Malawi (99%).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya