Ngambek, Rabbi Yahudi Ini Cabut dari Arab Saudi Usai Tak Diizinkan Menggunakan Kippah khas Yahudi

Ilustrasi penutup kepala Yahudi, Kippah
Sumber :
  • Yakimankagbu

Arab Saudi – Delegasi AS untuk kebebasan beragama mengatakan bahwa mereka mempersingkat kunjungannya dan langsung ‘cabut’ dari Arab Saudi setelah salah satu anggotanya diminta untuk melepaskan kippah atau penutup kepala khas Yahudi mereka saat berkunjung.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Komisi Kebebasan Beragama Internasional Amerika Serikat (USCIRF) mengatakan delegasinya berada di dekat Riyadh untuk mengunjungi Diriyah, sebuah kota bersejarah dan situs warisan dunia Unesco, ketika ketua komisi tersebut, rabbi Ortodoks Yahudi bernama Abraham Cooper, “menolak permintaan mereka (Arab Saudi) agar ia melepas penutup kepala keagamaanya”.

Cooper mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Tidak seorang pun boleh ditolak aksesnya ke situs warisan, terutama yang dimaksudkan untuk menyoroti persatuan dan kemajuan, hanya karena eksis sebagai seorang Yahudi.”

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist

USCIRF mengatakan Cooper dan wakil ketuanya, Pendeta Frederick Davie, diundang untuk mengunjungi lokasi tersebut Selasa lalu sebagai bagian dari kunjungan resmi mereka ketika, setelah beberapa kali penundaan tur, para pejabat meminta agar Cooper melepas kippahnya saat berada di lokasi tersebut dan kapan pun dia harus tampil di depan umum, meskipun Kementerian Luar Negeri Saudi telah menyetujui kunjungan tersebut.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

“Arab Saudi sedang mendorong perubahan berdasarkan visi 2030”, kata Cooper. “Namun, terutama di saat antisemitisme sedang berkecamuk, permintaan untuk melepas kippah saya membuat kami dari USCIRF tidak mungkin melanjutkan kunjungan kami,” ungkapnya, melansir The Guardian, Kamis, 14 Maret 2024.

USCIRF mengatakan sangat disayangkan hal ini terjadi pada perwakilan “lembaga pemerintah Amerika yang mempromosikan kebebasan beragama”. “Kami mencatat, dengan sangat menyesal, hal ini terjadi pada perwakilan lembaga pemerintah AS yang mempromosikan kebebasan beragama,” lanjutnya.

“USCIRF berharap dapat melanjutkan pembicaraan dengan pemerintah Saudi tentang cara mengatasi masalah sistematis yang menyebabkan insiden meresahkan ini.”

Komisi tersebut adalah badan penasihat pemerintah AS yang diberi mandat oleh Kongres AS.

Davie, wakil ketua USCIRF, menggambarkan insiden tersebut sebagai “menakjubkan dan menyakitkan”. Dia menambahkan: “Hal ini secara langsung bertentangan tidak hanya dengan narasi resmi pemerintah tentang perubahan tetapi juga tanda-tanda nyata dari kebebasan beragama yang lebih besar di kerajaan yang kita lihat secara langsung.”

Ilustrasi penutup kepala Yahudi, Kippah

Photo :
  • Yakimankagbu

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan antara Arab Saudi dan sekutu AS, Israel, terkait perang di Gaza, dan upaya AS untuk mendorong normalisasi hubungan antara kedua negara setelah konflik selesai.

USCIRF telah menetapkan Arab Saudi sebagai “negara yang menjadi perhatian khusus” atas “pelanggaran kebebasan beragama yang sistematis, berkelanjutan, dan mengerikan” setiap tahun sejak tahun 2000, kata kelompok tersebut. Laporan tahunannya pada tahun 2023 mengatakan Arab Saudi sangat membatasi hak-hak non-Muslim di negara tersebut, meskipun ada sedikit kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya