Dubes Ukraina Sebut Rusia Pembohong soal 10 WNI Jadi Tentara Bayaran

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin
Sumber :
  • VIVA / Wafa

Jakarta – Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, menanggapi adanya klaim Rusia yang menyebut 10 warga negara Indonesia (WNI) menjadi tentara bayaran untuk militer Ukraina.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Vasyl menegaskan bahwa klaim tersebut tidak berdasar dan merupakan berita bohong.

"Rusia membuka mulut hanya untuk melontarkan kebohongan," kata Vasyl kepada wartawan, Jumat, 15 Maret 2024.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Duta Besar Ukraina Untuk Indonesia Vasyl Hamianin

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Vasyl juga mempertanyakan bukti dari klaim mengenai tentara bayaran tersebut. Dia memandang bahwa pernyataan ini adalah upaya propaganda.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

"Apakah Anda melihat bukti apa pun, selain kata-kata kosong dan tuduhan propaganda Rusia? Selain itu, mengapa Anda tidak bertanya kepada pihak berwenang di negara yang diduga mengirim tentara bayaran ke Ukraina? Saya ulangi, apakah ada bukti dan faktanya?" ujarnya.

"Jika tidak, kita semua tahu bahwa penguasa Rusia adalah pembohong dan provokator profesional. Saya tidak punya informasi mengenai hal ini," lanjutnya.

Lebih lanjut, Vasyl malah menyebut banyak warga negara Asia hingga Afrika menjadi tentara bayaran untuk Rusia, dan mengaku memiliki semua bukti itu.

"Namun saya tahu bahwa ada warga negara dari beberapa negara di Asia, Afrika, Amerika Latin yang berperang sebagai tentara bayaran di tentara Rusia. Dan semuanya menjadi berita. Semua terbukti."

VIVA Militer: Tentara bayaran Ukraina

Photo :
  • tass.com

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis data jumlah 'tentara bayaran asing' yang berperang untuk Ukraina sejak Februari 2022.

Dalam data tersebut, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta mengklaim ada 10 warga negara Indonesia yang dinyatakan telah bergabung dengan militer Ukraina, dan empat di antara mereka telah tewas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya