Donald Trump Jual Sneakers 'Emas', Tak Lama Setelah Didenda Rp5,56 Triliun

Donald Trump rilis sneaker
Sumber :
  • The Independent

AS – Bukan Donald Trump namanya jika tidak hidup dengan sensasi.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Meski kini tengah sibuk menyiapkan kampanye untuk maju di pemilihan presiden (pilpres) AS November mendatang, Donald Trump baru saja mengeluarkan sebuah sneakers untuk jenama atas namanya sendiri.

Pada 17 Februari 2024 lalu, secara mengejutkan, Donald Trump hadir di acara Sneaker Con di Philadelphia untuk memperkenalkan sepatunya. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Donald Trump rilis sneaker

Photo :
  • Bloomberg

Sepatu tersebut, dengan model atasan tinggi (high-top) berwarna emas mengkilat dengan detail bendera Amerika di bagian belakang, dijual dengan nama “Never Surrender High-Tops” seharga $399 atau Rp6,2 juta, melansir situs web yang menjual sneaker tersebut. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

"Ini adalah sesuatu yang telah saya bicarakan selama 12, 13 tahun, dan saya pikir ini akan menjadi kesuksesan besar," kata Trump, yang semakin dekat menuju nominasi Partai Republik pada 2024 dan potensi pertarungan ulang dengan presiden Biden, melansir AP News, Senin, 18 Maret 2024. 

Tak lama dipasarkan, sepatu sneaker emas itu telah terjual habis di situs web. Ada 1.000 pasang sepatu kets yang tersedia untuk dibeli, menurut situs tersebut.

Mantan presiden tersebut juga menjual dua versi sepatu kets dengan tulisan 'T' dan '45' di bagian samping seharga USD199 atau sekitar Rp3,1 juta. Tak hanya sepatu, ia juga menjual cologne dan parfum “Victory47” seharga $99 atau Rp1,5 juta perbotol. 

Peluncuran sepatu yang tidak direncanakan ini terjadi hanya sehari setelah hakim di New York memerintahkan Trump dan perusahaannya untuk membayar denda sebesar $355 juta atau Rp5,57 triliun karena menemukan bahwa mantan presiden tersebut berbohong tentang kekayaannya selama bertahun-tahun, berencana menipu bank, perusahaan asuransi, dan pihak lain dengan menggelembungkan kekayaannya pada laporan keuangan. 

Hukuman itu dijatuhkan setelah Trump diperintahkan membayar tambahan $83,3 juta kepada penulis E. Jean Carroll karena merusak reputasinya setelah dia menuduhnya melakukan pelecehan seksual. 

Dengan pembayaran bunga, utang resmi Trump sekarang mungkin melebihi setengah miliar dolar, jumlah yang tidak jelas apakah Trump mampu membayarnya.

Ini bukanlah usaha menghasilkan uang pertama yang diumumkan Trump sejak meluncurkan kampanye ketiganya untuk Gedung Putih pada tahun 2022. 

Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

Photo :
  • newsweek.com

Tahun lalu, Trump juga dilaporkan berhasil menghasilkan antara $100.000 dan $1 juta dari serangkaian kartu perdagangan digital yang menggambarkan dirinya, melalui pengeditan foto dalam serangkaian gambar mirip kartun, termasuk  sebagai astronot, koboi, dan pahlawan super. 

Dia juga telah merilis buku-buku yang menampilkan foto-foto masa jabatannya dan surat-surat yang ditulis kepadanya selama bertahun-tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya