Saling Sindir, Joe Biden Olok-olok Donald Trump Tua dan Suntik Putih

Donald Trump dan Joe Biden
Sumber :
  • AP News

Washington D.C – Di tengah semakin memanasnya masa kampanye pilpres AS, Presiden Joe Biden kembali menyindir rivalnya, mantan presiden Donald Trump pada jamuan makan malam eksklusif pada akhir pekan lalu. 

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Berbicara di Gridiron Club dan Foundation Dinner di Grand Hyatt di Washington D.C., Biden (81 tahun), melontarkan bahan lelucon tentang dua kandidat presiden: dirinya dan Trump, (77 tahun), dengan mengatakan bahwa salah satu dari mereka terlalu tua dan tidak layak secara mental untuk memimpin di Gedung Putih.

VIVA Militer: Joe Biden dan Donald Trump

Photo :
  • salon.com
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

"Berita besar minggu ini adalah dua kandidat meraih nominasi presiden dari partainya masing-masing,” kata Biden dalam sambutannya. “Satu kandidat terlalu tua, dan secara mental tidak layak untuk menjadi presiden. Yang lainnya adalah saya," ujarnya yang disambut tawa oleh para hadirin, melansir ABC News, Selasa, 19 Maret 2024.

Ini adalah penampilan pertama Biden pada jamuan makan malam tersebut selama masa kepresidenannya dan terjadi saat ia memasuki salah satu siklus pemilihan umum terpanjang dalam sejarah Amerika, setelah ia dan Trump meraih jumlah delegasi yang diperlukan untuk memenangkan nominasi partai mereka minggu ini.

Sindir PDIP yang Gugat KPU ke PTUN, Nusron: Silakan, Tidak Berdampak Apa-apa

"Dalam beberapa bulan mendatang, (wakil presiden) Kamala dan saya akan membahas bagaimana keadaan masyarakat Amerika lebih baik dibandingkan empat tahun lalu. Bagaimana kita mengatasi pandemi, membalikkan keadaan perekonomian, membangun kembali kepemimpinan Amerika di dunia tanpa mendorong rakyat Amerika untuk menyuntikkan pemutih (kepada diri mereka),” kata Biden, yang merujuk pada saran Trump untuk “menyuntikkan” disinfektan untuk membunuh virus Covid pada pandemi tahun 2020 lalu. 

"Semuanya dilakukan tanpa merusak perekonomian, mempermalukan kita di seluruh dunia, atau ingin melakukan pemberontakan,” tambahnya. 

Dengan nada yang lebih serius, Biden berpendapat bahwa demokrasi dan kebebasan sedang diserang, sebuah pesan penting dalam kampanye pemilihannya kembali.

"(Vladimir) Putin sedang bergerak di Eropa. Pendahulu saya membungkuk kepadanya dan berkata kepadanya. 'Lakukan apa pun yang Anda inginkan.' Mantan presiden Amerika benar-benar mengatakan hal itu,” kata Biden, sambil melihat Duta Besar Ukraina Oksana Markarova dan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas hadir di ruangan. 

"Kami tidak akan sujud. Mereka tidak akan sujud, dan saya tidak akan sujud," kata Biden dengan tegas. 

Presiden dan Wakil Presiden AS, Joe Biden dan Kamala Harris.

Photo :
  • DW

Wakil Presiden Kamala Harris juga hadir di Washington Grand Hyatt, bersama setidaknya delapan anggota Kabinet lainnya, setidaknya lima anggota Kongres dan lima gubernur, menurut program acara tersebut. 

Ini adalah pertama kalinya seorang presiden menghadiri jamuan makan malam tahunan, yang mana adalah acara tertutup, sejak Trump hadir pada tahun 2018. Pada tahun 2022, setidaknya 72 peserta melaporkan dinyatakan positif COVID setelah acara penting tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya