Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Juru Bicara Kemterian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

JakartaKementerian Luar Negeri RI, memastikan tidak ada warga negara Indonesia atau WNI, yang menjadi korban dalam bencana gempa bumi di Taiwan. Gempa dengan kekuatan 7,4 Skala Richter tersebut, mengakibatkan sejumlah bangunan rusak dan korban luka.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

“Hasil koordinasi Kemlu dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi,” kata Juru Bicara Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, melalui pesan singkat, pada Rabu, 3 April 2024.

Gedung di Hualien, timur Taiwan miring akibat diguncang gempa magnitudo 7,4

Photo :
  • TVBS via AP
Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Dalam laman media sosialnya, KDEI Taipei juga mengimbau agar seluruh WNI di Taiwan, khususnya di wilayah Hualien, untuk mewaspadai potensi gempa susulan.

“WNI di Taiwan agar mengikuti perkembangan informasi dari otoritas Taiwan maupun Taipei,” kata KDEI.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa awal berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Taiwan, pada hari Rabu, kata pemerintah Taiwan.

Gempa terjadi tepat sebelum pukul 08.00 waktu setempat, dengan pusat gempa di dekat Hualien, sebuah kota di pesisir timur. Selain itu, korban jiwa yang terkonfirmasi sejauh ini empat orang, dan 711 lainnya mengalami luka-luka.

"Keempat korban tewas, yang semuanya terjadi di Hualien, dikonfirmasi dalam pembaruan pada siang hari, 57 orang cedera lainnya telah dilaporkan di seluruh pulau," menurut Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan dan EMIC di Taipei.

Dilansir dari ABC News, pada pukul 14.00, jumlah korban luka meningkat menjadi 711 orang, dan 77 orang lainnya dikatakan terjebak di bawah reruntuhan, kata pejabat darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya