Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • X/Globe Eye News

Rusia – Pihak Rusia telah mengirim fregat angkatan laut mereka, Marsekal Shaposhnikov, yang dipersenjatai dengan rudal supersonik Kinzhal ke Laut Mediterania melalui Terusan Suez hanya beberapa jam setelah Iran menyerang Israel dengan ratusan rudal dan drone.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Kremlin mengonfirmasi keberadaan kapal Marshal Shaposhnikov di wilayah tersebut dan menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan tugas yang diberikan berdasarkan rencana ekspedisi, melansir Al Arabiya, Kamis 18 April 2024.

Namun hingga kini, Kremlin belum memberikan lagi keterangan lebih lanjut mengenai kapal rudal supersonik tersebut. 

Jenderal Pengkhianat Iran Mata-mata CIA Masih Berkeliaran Meski Diklaim Sudah Dieksekusi

VIVA Militer: Kapal perang Rusia dihantam rudal Ukraina di Laut Hitam

Photo :
  • globalnews.ca

Seperti diketahui, Rusia, di bawah pimpinan presiden Vladimir Putin memang memiliki hubungan militer kuat dengan Iran. Keduanya bahkan melalukan latihan militer bersama pada awal tahun ini bersama China.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Putin pun terkenal dengan kecaman kerasnya kepada Israel dan vokal terhadap kemerdekaan Palestina.

Namun, pekan lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyerukan negara-negara di Timur Tengah untuk menahan diri. “Saat ini sangat penting bagi semua orang untuk tetap menahan diri agar tidak mengarah pada destabilisasi total situasi di kawasan, yang tidak menunjukkan stabilitas dan prediktabilitas.” 

Presiden AS Joe Biden juga menegaskan kembali bahwa AS mempunyai komitmen yang kuat terhadap keamanan Israel setelah mengadakan pertemuan dengan para pejabat keamanan di Washington. "Kami juga ingin mengatasi ancaman Iran untuk melancarkan serangan yang signifikan, mereka mengancam akan melancarkan serangan yang signifikan di Israel," 

"Seperti yang saya sampaikan kepada Perdana Menteri Netanyahu, komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangatlah kuat. Izinkan saya mengatakannya lagi, sangat kuat. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi keamanan Israel.”

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan)

Photo :
  • Iranian Presidency Office via AP

Seperti diketahui, pada Sabtu malam pekan lalu, Iran melancarkan serangannya ke Israel dengan rudal dan drone sebagai tanggapan atas pemboman kedutaan Iran di Damaskus, Suriah pada tanggal 1 April lalu yang menewaskan 12 orang, termasuk tujuh pejabat militer Iran, Iran mengisyaratkan niatnya untuk 'balas dendam". 

Israel mengatakan mereka berhasil menghancurkan 99 persen rudal yang ditembakkan Iran dengan bantuan sekutunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya