Kapal Perang Iran Batal Lintasi Terusan Suez

Skadron perahu terbang Bavar-2 buatan Iran
Sumber :
  • AP Photo/Iranian Defense Ministry,Vahid Reza Alaei, HO

VIVAnews -- Dua kapal perang Iran yang rencananya akan latihan perang di Laut Mediterania batal melintasi Terusan Suez. Pembatalan diinformasikan langsung oleh militer Iran kepada petugas di Terusan yang menghubungkan Laut Tengah dan Laut Mediterania tersebut.

“Kami diinformasikan hari ini mengenai pembatalan dua perjalanan kapal perang Iran yang telah terjadwal sebelumnya dan tidak disebutkan tanggal perubahan pelintasan selanjutnya,” ujar petugas Terusan Suez yang tidak disebutkan namanya dilansir dari laman Fox News, Kamis, 17 Februari 2011.

Belum ada konfirmasi dari pihak militer Iran mengenai pembatalan pelintasan mereka maupun penyebab pembatalan tersebut.

Sebelumnya rencana kapal perang Iran melintasi Terusan Suez untuk menuju Laut Mediterania yang selanjutnya berlabuh di Suriah sempat membuat Israel kebakaran jenggot. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan, tindakan Iran ini adalah bentuk provokasi terhadap Israel. Sebelumnya pada Oktober tahun lalu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pada kunjungannya ke Lebanon telah menyatakan perang terhadap Israel.

Militer Israel dan Amerika Serikat dilaporkan terus memonitor dan melacak keberadaan dua kapal perang Iran dan bersiaga penuh atas kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Israel juga menyerukan negara-negara sekutunya untuk lebih bertindak keras terhadap provokasi dari Iran.

Rencananya Iran akan melakukan latihan perang setahun penuh di Laut Mediterania dengan mengambil jalur dari Teluk Aden, Laut Merah, Terusan Suez  dan Laut Mediterania. Latihan ini merupakan latihan pengawalan dan perlindungan kapal tanker dan kargo terhadap ancaman bajak laut. Mereka akan berlabuh di pelabuhan Suriah untuk beristirahat.

Menurut laporan dari petugas Terusan Suez, dilansir dari laman MSNBC, pada Kamis pagi pukul 6 waktu setempat rombongan kapal memasuki Terusan Suez, namun tidak ada kapal perang dari Iran. Satu-satunya kapal perang adalah kapal perang Prancis yang memang terjadwal melintas.

“Tidak ada kapal perang Iran yang melintas di Terusan Suez hari ini. Terusan Suez juga tidak mendata kedatangan kapal perang Iran untuk Jumat besok,” ujar Ahmed Al Manakhly, salah satu petugas di Terusan Suez. Manakhly mengatakan kapal perang yang akan melintas haruslah mendapat izin dari kementerian pertahanan dan luar negeri Mesir.

MSNBC, melansir dari koran Yedioth Ahronoth di Israel, mengatakan bahwa dua kapal perang Iran yang dimaksud akan melintas adalah kapal patroli laut jenis MK-5 dan kapal pemasok bahan makanan. Keduanya dianggap tidak akan mengancam kekuatan militer Israel. (umi)

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?
Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Hubungan antara Iran dan Israel kini memburuk setelah keduanya saling melakukan serangan langsung. Eskalasi konflik ini meningkatkan kekhawatiran akan timbulnya konflik

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024