Ancaman Tsunami Jepang Ditarik Kembali

Sisa Tsunami
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Peringatan ancaman tsunami pasca gempa berkekuatan 6,5 skala Richter ditarik kembali setelah gempa ternyata hanya menimbulkan gelombang kecil. Namun, warga diminta untuk tetap waspada.

Seperti dilansir dari laman CNN, Senin, 28 Maret 2011, Badan Meteorologi Jepang mengatakan warga di sepanjang pesisir pantai timur laut Jepang sebaiknya bersiap untuk evakuasi, karena ancaman tsunami kemungkinan masih ada seiring dengan gempa susulan yang akan terjadi.

Sebelumnya, pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk para warga di daerah pesisir pantai Prefektur Miyagi setelah gempa berkekuatan 6,5 SR terjadi pada pukul 7.24 waktu setempat. Peringatan dini ini kemudian dicabut kembali pada 9.05 waktu setempat.

Pusat gempa terjadi sekitar 112 km timur kota Sendai, di kedalaman 59 km di bawah tanah.

Tsunami sebelumnya diperkirakan akan mencapai ketinggian hingga setengah meter. Menurut pantauan stasiun berita NHK, gempa hanya menimbulkan gelombang kecil, dan tidak membesar ketika mencapai tepi pantai.

Menurut salah satu ahli meteorologi Jepang, Hirofumi Yokoyama, gempa Senin ini adalah salah satu dari gelombang gempa susulan pasca gempa 9 SR yang menimbulkan tsunami, 11 Maret lalu. Yokoyama mengatakan gempa susulan berkekuatan antara 6 SR ke atas dapat juga menimbulkan tsunami.

"Kita harus bersiap untuk gempa berkekuatan 6 atau lebih, dan warga juga harus tetap waspada," ujar Yokoyama.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu
Podomoro Park Bandung.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Tak hanya properti perumahannya saja yang menjadi fokus perusahaan. Tapi sarana dan fasilitas umum pun dipastikan lengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024