AS Hapus Registrasi Khusus Turis Indonesia

Janet Napolitano
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Amerika Serikat menghapus registrasi khusus yang disebut sebagai Sistem Registrasi Masuk-Keluar Keamanan Nasional (NSEERS) mulai 28 April 2011. Indonesia sebelumnya adalah satu dari 25 negara terkena aturan yang muncul sebagai dampak pemboman Menara Kembar World Trade Center, New York, pada 11 September 2001 itu.

Sistem registrasi khusus untuk warga negara asing yang masuk ke Amerika Serikat ini dimulai pada September 2002 sebagai bagian dari upaya Perang melawan terorisme. Setiap warga asing dari 25 negara diwajibkan diambil sidik jari, foto dan diinterogasi. Sebagai tambahan, mereka juga diminta informasi detail mengenai rencana kunjungan dan memperbarui soal kunjungan mereka jika ada perubahan rencana ke Badan Imigrasi Amerika Serikat.

Daftar negara yang terkena aturan ini adalah Afghanistan, Aljazair, Bahrain, Bangladesh, Mesir, Eritrea, Indonesia, Iran, Irak, Yordania, Kuwait, Libanon, Libya, Maroko, Korea Utara, Oman, Pakistan, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Arab Emirat dan Yaman.

Dalam perjalanannya, sistem imigrasi Amerika Serikat telah berbenah. Sistem pengumpulan data orang asing yang masuk ke Amerika pun telah membaik sehingga 'registrasi khusus' yang diberlakukan atas warga 25 negara itu tidak "membuat peningkatan dalam keamanan."

"Dengan pertimbangan hati-hati, Menteri Keamanan Dalam Negeri, melalui surat ini, mengeluarkan semua negara yang ditentukan harus mengikuti NSEERS." Surat yang diteken Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano ini tercatat di Federal Register Amerika Serikat per 28 April 2011.

Ketentuan ini efektif berlaku saat surat ini dipublikasikan, sehingga warga asing dari 25 negara dimaksud tidak lagi perlu menjalani sistem registrasi khusus. Namun, mereka tetap harus menjalani persyaratan umum berlaku untuk warga asing yang masuk ke Amerika.

Andien, Samsons Hingga HiVi akan Konser di Tengah Salju
Verrel Bramasta di Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini

Datang ke Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Verrell Bramasta Didoakan Cepet Nyusul

Selain bertemu dengan rekan-rekan sesama selebriti, Verrell Bramasta juga turut menyampaikan doa dan harapan baik untuk pasangan Rizky Febian dan Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024