Korban Tewas Akibat E. Coli Terus Bertambah

Petugas medis Jerman merawat seorang penderita wabah E .Coli
Sumber :
  • AP Photo/Gero Breloer, File

VIVAnews - Jumlah korban tewas akibat wabah bakteri E.Coli di Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya kini bertambah menjadi sedikitnya 35 orang. Peningkatan ini terjadi setelah beberapa penderita lagi dinyatakan tewas akibat bakteri tersebut, sebagaimana diungkapkan pada Minggu 12 Juni 2011 waktu setempat.

Sebagaimana dilansir stasiun berita CNN, berdasarkan laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Eropa (ECDC), tiga kematian terbaru terjadi di Jerman sementara satu kematian di Swedia.

Menurut ECDC, jumlah korban terinfeksi E.Coli kini menjadi 3.256 orang. Sebanyak 812 di antara mereka sudah parah. Seluruh korban, kecuali lima orang, sedang bepergian atau tinggal di Jerman selama masa inkubasi. Mereka bepergian selama kurang lebih tiga atau empat hari sehingga terpapar.

Pihak berwenang mengindikasikan bahwa infeksi kemungkinan besar berasal dari makanan, terutama kecambah dan sayur mayur lain produksi Niedersachsen, Jerman. ECDC sudah memerintahkan agar produk yang dihasilkan daerah tersebut ditarik dari pasaran.

"Masih belum jelas apakah bakteri menyebar lewat karyawan yang masuk ke dalam pabrik, ataukah memang sudah terkontaminasi sejak masih menjadi tunas," ungkap Menteri Pertanian Jerman di Niedersachsen, pada Minggu waktu setempat.

Kasus infeksi E.Coli mulai mencuat ke permukaan beberapa pekan yang lalu setelah 17 orang mendadak sakit setelah bersantap di sebuah restoran di Jerman. Reinhard Burger, direktur Robert Koch Institute selaku badan yang bertanggung jawab atas pencegahan penyakit di negara tersebut, mengungkapkan bahwa para penderita rata-rata menyantap kecambah, yang lalu jatuh sakit.

Berita sayuran yang tercemar E.Coli ini tidak pelak menimbulkan kerugian pada para petani di Spanyol, Belanda, dan Belgia. Mereka lantas menuntut pemerintah Jerman membayar kompensasi berupa uang senilai ratusan miliar rupiah untuk mengganti kerugian mereka.

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024