Usut Usia Tahanan Aussie, RI Kerahkan Dokter

ilustrasi tahanan
ilustrasi tahanan
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah Indonesia akan mengerahkan tim dokter untuk bekerja sama dengan tim dokter Australia dalam menentukan usia para tersangka kasus penyelundupan manusia. Diduga, mereka tampak lebih tua karena karakteristik tulang mereka.

Demikian disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Tatang Razak, kepada VIVAnews, Selasa, 14 Juni 2011. Tatang mengatakan ini bukan kali pertama kasus penahanan di bawah umur terjadi di Australia.

Tatang mengatakan kebanyakan warga Indonesia yang tertangkap akibat terlibat kasus penyelundupan orang sering mengaku di bawah umur, agar dibebaskan. "Mereka mengaku di bawah umur, tapi wajahnya terlihat tua. Itulah yang menimbulkan keraguan Australia," ujar Tatang.

Untuk membuktikan usia mereka, Australia menggunakan wrist x-ray. Tatang mengatakan dalam hal ini dokter asal Indonesia diharapkan ikut berperan. "Dokter anak asal Indonesia akan membaca ulang hasil pengujian dokter Australia karena hasil pengujian wrist x-ray memiliki deviasi hingga 2 tahun," ujar Tatang. "Bentuk tulang juga tergantung dari kondisi lingkungan pertumbuhan anak terutama untuk anak-anak dari Indonesia Timur."

Kerja sama ini, ujar Tatang, akan dilakukan untuk jangka panjang karena banyaknya kasus serupa. Tidak kurang dari 500 WNI yang saat ini ditahan akibat kasus tersebut, ujar Tatang.

Tiga ABK dari pulau Rote ditahan di Arthur Gorrie Remand and Reception Centre Brisbane sejak Januari 2011 setelah ditangkap di Christmas Island, April 2010. Mereka adalah Ako Lani, Ose Lani, dan John Ndollu. Ketiganya mengaku berusia di bawah 19 tahun.

Saat ini, pengacara ketiga orang itu tengah menelurusi tanah kelahiran mereka untuk mendapatkan dokumen yang membuktikan usia mereka.

Kepolisian Federal Australia (AFP) menolak menjelaskan lebih lanjut kasus ini. Melalui pernyataannya kepada VIVAnews, AFP hanya mengatakan bahwa mereka akan tetap diadili dan dinyatakan sebagai orang dewasa jika tidak ditemukan bukti-bukti pendukung yang mendukung klaim mereka. (kd)