VIDEO: Kereta Super Cepat China Beroperasi

kereta super cepat cina
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnew - Kereta super cepat China siap dioperasikan akhir bulan Juni 2011 ini. Dua jenis kereta super cepat, tipe CRH 380A yang dapat membawa delapan gerbong dan tipe CRH 380AL yang mampu menarik 18 gerbong siap melayani transportasi antara Beijing dan Shanghai.

Beijing dan Shanghai berjarak 1.318 km. Biasanya, perjalanan antara dua kota Cina itu ditempuh selama satu hari satu malam dengan menggunakan kereta biasa. Namun, dengan kereta super cepat ini, perjalanan itu bisa ditempuh hanya dalam waktu lima jam saja.

Dalam uji coba yang dilakukan mulai 11 Mei yang lalu, kereta ini mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 300 kilometer per jam. Namun, sejatinya kereta ini memiliki kecepatan maksimal 350 km/ jam.

Pemerintah China pun telah menyiapkan infrastruktur penunjang beroperasinya kereta super cepat ini. Rel lintasan sepanjang 13.000 km telah dibangun dan akan usai hingga akhir tahun ini. Panjang itu akan mencapai dua kali lipat pada 2020 mendatang.

Pemerintah China optimistis pengoperasian kereta ini bisa mengatasi masalah transportasi di negara dengan penduduk terbanyak di dunia tersebut. Disamping mengoperasikan kereta-kereta super cepat ini, China juga masih mengoperasikan 136 kereta api biasa untuk melayani transportasi antara Beijing dang Shanghai.

Lihat videonya di sini.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024