Gugatan Terhadap Strauss-Kahn Dicabut

Dominique Strauss-Kahn
Sumber :
  • AP Photo/Richard Drew, Pool

VIVAnews - Jaksa distrik New York, Amerika Serikat, meminta dilakukan pencabutan gugatan pidana terhadap mantan direktur pelaksana IMF Dominique Strauss-Kahn pada Selasa, 23 Agustus 2011. Dengan dicabutnya gugatan ini, maka kasus dugaan perkosaan Strauss-Kahn terhadap seorang pelayan hotel dibatalkan.

Dilansir dari laman CNN, dua jaksa di kantor pengacara wilayah Manhattan meminta pencabutan tuntutan terhadap Strauss-Kahn dilakukan karena adanya bukti baru dan kredibilitas korban, Nafissatou Diallo, yang diragukan. Permintaan ini termuat dalam sebuah dokumen berisi permohonan pencabutan tuduhan yang diajukan ke pengadilan pada Senin, 22 Agustus 2011.

"Banyaknya kepalsuan yang diberikan penggugat membuat kami ragu dan mempertanyakan keabsahan kasus menurut versinya, apapun itu yang terjadi antara penggugat dan tergugat," kata dokumen tersebut. "Jika kami ragu dan tak bisa mempercayainya, maka kami juga tak bisa meminta hakim melakukan hal yang sama."

Hal ini jelas membuat Ken Thompson, pengacara Diallo, berang. Menurutnya, pernyataan dalam dokumen tersebut merendahkan posisi wanita dalam hukum. Dokumen itu, menurut mereka, mencerminkan posisi wanita yang tidak dapat memperoleh keadilan dalam kasus perkosaan.

"Mereka tidak hanya memalingkan wajah mereka dari korban yang tidak berdosa, tapi juga memalingkan diri dari bukti forensik, medis dan bukti-bukti lainnya pada kasus ini," kata Thompson.

Pengacara Strauss-Kahn di AS, William W. Taylor dan Benjamin Brafman bersuka cita menyambut putusan itu. Mereka menganggap ini adalah buah dari usaha mereka yang secara konsisten mengklaim bahwa klien mereka tidak bersalah dan penggugatnya tidak memiliki identitas yang kredibel.

Strauss-Kahn akan menghadiri sidang pada Selasa guna menerima vonis bebas dan diizinkan meninggalkan AS untuk pertama kalinya sejak ditahan. Dengan ini semua tuduhan yang dikenakan padanya berkenaan dengan pelecehan seksual terhadap dihapuskan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024